Dark/Light Mode

Musim Mudik Lebaran

Teten Sulap Rest Area Jadi Tempat Promosi Produk UMKM

Kamis, 28 April 2022 19:22 WIB
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melihat produk UMKM yang dijual di res area 39 Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: ist)
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melihat produk UMKM yang dijual di res area 39 Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Dukungan Perusahaan

Menyoal ini, Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Eddy Satriya menyampaikan, digelarnya Bazar Mudik Lebaran 2022 ini di Rest Area 39A bertujuan memberikan akses tambahan fasilitas berdagang, serta mempromosikan karya komoditi produksi lokal UMKM Tanah Air.

Baca juga : Sambut Mudik Lebaran, Hotel-hotel WIKA Realty Siap Jadi Destinasi

"Kami mendorong usaha mikro untuk dapat berusaha di Rest Area Jalan Tol, secara Gratis, serta untuk mengenalkan dan meningkatkan penjualan produk mereka. Selain itu kami juga menggandeng berbagai pihak dalam menjalankan program ini. Tak hanya di Rest Area KM 39A, bazar juga akan digelar di KM 360A dan 456A di Jawa Tengah," jelas Eddy.

Kegiatan Bazar Mudik Lebaran 2022 dilaksanakan selama tiga hari, yaitu tanggal 28-30 April 2022 bertempat di Rest Area 39 A Ruas Tol Jakarta-Cikampek. Peserta yang ikut dalam Bazar Mudik Lebaran di Rest Area 39A sebanyak 45 Usaha Mikro yang berasal dari wilayah Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Baca juga : Jelang Mudik Lebaran 2022, Permintaan Produk Antimo Meningkat

Di samping kegiatan Bazar di Rest Area 39A, bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sragen dan PT Jasa Marga Related Business, KemenKopUKM turut memfasilitasi usaha mikro untuk meningkatkan penjualan produknya di Rest Area 519A, melalui kegiatan Rebranding Pujasera UMKM.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso menambahkan, dari total 52 rest area yang tersebar sepanjang kilometer trans Jawa, sekitar 26 titik dikelola langsung oleh Jasa Marga, dan sisanya melalui mitra. 

Baca juga : Musim Mudik Lebaran, Toyota Siapkan 302 Titik Posko Siaga

Heru memastikan, ke-26 titik rest area tersebut telah memenuhi ketentuan 30 persen area diperuntukkan bagi promosi UMKM. "Rest area yang dikelola mitra juga kami pantau dan awasi untuk juga memenuhi ketentuan tersebut. Bahkan di 26 rest area kelolaan Jasa Marga, porsinya sudah mencapai 70 persen bukan lagi 30 persen area promosi untuk UMKM. Kami sangat concern dan peduli terhadap UMKM," ungkapnya di kesempatan yang sama.

Bentuk kepedulian lain Jasa Marga kepada UMKM lanjut Heru, tak hanya pemberian lahan promosi di rest area, dalam Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN, pihaknya memberikan bantuan permodalan dan dana hibah kepada UMKM. "Ini menjadi bagian dari CSR dan komitmen sustainability kami, agar UMKM naik kelas," pungkas Heru. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.