Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kepala BNPT Gaungkan Pentingnya Tingkatkan Ketahanan Masyarakat Dari Ideologi Radikal Intoleran

Rabu, 18 Mei 2022 20:59 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar bersama Habib Abubakar Alatas, staf khusus bidang Kerja Sama Ulama BNPT. (Foto: Humas BNPT)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar bersama Habib Abubakar Alatas, staf khusus bidang Kerja Sama Ulama BNPT. (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar menyampaikan pentingnya meningkatkan ketahanan masyarakat dari ideologi radikal intoleran.

Peningkatan ketahanan masyarakat ini memerlukan budaya toleransi, kerukunan dan solidaritas yang kuat. Dibutuhkan pula kolaborasi strategis dengan lemerintah, pelaku usaha, media, dan akademisi untuk mewujudkannya.

Baca juga : Save Soil Indonesia Gelar Long March

"Ketahanan masyarakat itu penting, kita punya duta damai kita punya FKPT di seluruh provinsi. Maka, mereka harus menjadi mitra kita untuk menyebarkan narasi-narasi guna meningkatkan imunitas masyarakat, kita upayakan kolaborasi strategis," ujar Boy, Rabu (18/5).

Sinergi masyarakat dan pemerintah diharapkan akan menghasilkan ketahanan nasional yang tinggi. Dalam situasi ini, peran aktif pemuda sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan dinilai krusial.

Baca juga : Beringin Lancarkan Serangan Darat Dan Udara Di Jawa Barat

"Kita harus berkomunikasi pada forum rektor tentang bagaimana membangun toleransi, wawasan kebangsaan dan cinta Pancasila pada kalangan mahasiswa. Mereka harus menjadi perpanjangan tangan kita. Mengingat perjuangan kita ini adalah perang totalitas karena membahayakan kehidupan berbangsa dan bernegara," beber mantan Kapolda Papua ini.

Dalam mendukung terciptanya peran pemuda dalam membentuk ketahanan nasional, BNPT melalui Kedeputian bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi telah melaksanakan kegiatan "Ekspresi Indonesia Muda" melalui FKPT di Provinsi Kalimantan Timur, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan.

Baca juga : Catat, 4 Langkah Penting Penanganan Hepatitis Misterius Di Rumah

Rencananya Kedeputian 1 BNPT akan mengadakan kegiatan "Aksi Musik Anak Bangsa (ASIK BANG)" dalam upaya pencegahan terorisme di bulan Mei 2022 ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.