Dark/Light Mode

Boleh Copot Masker

Menkes: Langkah Awal Transisi Menuju Endemi

Kamis, 19 Mei 2022 07:55 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers mengenai Pelonggaran Protokol Kesehatan dan Pengaturan Perjalanan secara virtual, Selasa (17/5/2022). (Sumber: Setkab)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers mengenai Pelonggaran Protokol Kesehatan dan Pengaturan Perjalanan secara virtual, Selasa (17/5/2022). (Sumber: Setkab)

 Sebelumnya 
Budi mengingatkan, meski saat ini kondisi landai, masih ada potensi kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia imbas libur Lebaran. Kenaikan itu baru bisa terlihat pada akhir Mei mendatang.

“Pengalaman kami melihat hari-hari raya besar sebelumnya, yaitu Natal, Tahun Baru dan Lebaran tahun lalu, biasanya indikasi kenaikan 27-34 hari sesudah hari raya,” tutur Budi.

Baca juga : Menkes: Pelonggaran Pemakaian Masker Langkah Transisi Menuju Endemi

Meski kenaikan hampir pasti akan terjadi, namun eks Direktur Utama Bank Mandiri itu optimis, tak akan terjadi lonjakan. Begitu juga dengan angka kematian.

Soalnya, masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi. Baik melalui pemberian vaksinasi Covid-19, maupun antibodi yang muncul setelah terinfeksi.

Baca juga : Mudik Lebaran Jadi Momentum Transisi Menuju Endemi

Hal ini berdasarkan hasil penelitian antibodi tubuh terhadap virus atau sero survei yang dilakukan Pemerintah kepada masyarakat, khususnya di Jawa-Bali jelang mudik Lebaran tahun ini.

Hasilnya menunjukkan, 99,2 persen telah memiliki antibodi baik yang berasal dari vaksin maupun infeksi Covid-19. Karena itu, varian baru Omicron BA2 yang memicu lonjakan kasus di sejumlah negara, tidak memicu lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Padahal varian itu sudah dominan di Tanah Air.

Baca juga : Muslim India Berjumlah 200 Juta, Menteri India Sangkal Intoleransi Meningkat

“Jadi, imunitas dari masyarakatnya terhadap varian baru sudah relatif cukup baik,” ucap Budi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan keputusan Pemerintah melonggarkan kebijakan pemakaian masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.