Dark/Light Mode

Diungkap Mendagri

Anggaran Kesehatan Jadi Bancakan Pemda

Sabtu, 11 Juni 2022 07:55 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat acara Kick Off Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta, Jumat (10/6/2022). (Foto: Humas Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat acara Kick Off Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta, Jumat (10/6/2022). (Foto: Humas Kemendagri)

 Sebelumnya 
Dalam pandangannya, Pemerintah berusaha agar seluruh kepala daerah, termasuk di tingkat desa, tidak melakukan penggerogotan anggaran kesehatan.

Karena itu, dia menegaskan, akan mendukung Kemenkes dalam mengintervensi beberapa daerah untuk mendukung kebijakan di bidang kesehatan.

Baca juga : Punya Kemampuan Ekspresi, Reza Rahadian Jadi Brand Ambassador Chigo

Sebagai pembina dan pengawas pemerintahan di daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) siap mengeluarkan kebijakan yang diperlukan.

“Kami mohon kalau ada yang perlu kami buatkan, surat edaran, instruksi, Peraturan Mendagri, apa pun juga sepanjang itu online untuk mendukung konsep Bapak Menkes, apa pun akan saya keluarkan,” tegasnya.

Baca juga : Pentingnya Asupan Nutrisi Seimbang Dan Olahraga Untuk Kesehatan Jantung

Tito juga mendukung pembentukan pilot project pelayanan kesehatan primer di sembilan provinsi di Indonesia. Dia akan mengundang para gubernur, bupati/wali kota, dan pihak terkait, untuk terlibat mendukung program dari Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Dengan begitu, kepala daerah memiliki konsep yang sama, visi yang sama.

Baca juga : Manggarai Bakal Jadi Stasiun Sentral

“Kami mengawal mereka, setelah itu otomatis dengan pejabat teknisnya. Yang penting dari kepala daerah ini blessing-nya itu, political will-nya. Teknisnya dikerjakan oleh kepala dinas kesehatan masing-masing, dan akan sama-sama diawasi melalui inspektorat kita,” jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.