Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ambang Batas Parlemen Tetap 4 Persen

Yang Lolos Partai Akar Rumput

Senin, 20 Juni 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi II DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda. (Foto: Dok. DPR)
Anggota Komisi II DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan sepakat Parliamentary Threshold (PT) atau ambang batas parlemen pada Pemilu 2024 tetap 4 persen. Ketentuan ini hanya berlaku di tingkat nasional atau kursi DPR. sedangkan kursi DPRD provinsi atau kabupaten/kota sesuai suara pemilih.

Anggota Komisi II DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengatakan, sembilan fraksi di DPR sepakat tidak ada revisi terhadap Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Sehingga, norma yang berlaku pada Pemilu 2024 adalah norma yang berlaku seperti pada Pemilu 2019, karena tidak ada norma baru atau perubahan.

Baca juga : Penentu Capres Partai Papan Tengah

“Jadi, ketentuan PT dipastikan tetap digunakan sebagai dasar bagi partai-partai politik untuk berkontestasi dalam Pemilihan Legislatif 2024,” ujar Rifqi dalam diskusi daring bertajuk Parliamentary Threshold: Sebuah Tantangan Bagi Partai Politik Baru di Jakarta, kemarin.

Politikus PDIP ini mengatakan, ambang batas parlemen tidak hanya berlaku bagi partai baru, juga bagi partai lama. Karena itu, apa yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 itu bersifat sama bagi semua partai.

Baca juga : Airlangga Cs Usung Capres Yang Lanjutkan Cita-cita Jokowi

Sehingga, partai yang sudah eksis di DPR wajib merawat basis konstituen, bekerja untuk rakyat, memperjuangkan aspirasi rakyat di parlemen atau di eksekutif. Jika tidak dilakukan, partai tersebut bisa jadi akan ditinggalkan atau tidak dipilih rakyat.

“Parliamentary threshold ini adalah early warning bagi partai politik untuk terus memastikan kekuatan akar rumput bekerja dengan baik,” kata dia.

Baca juga : Jepang Ancam Pulangkan Turis Asing Yang Ogah Pakai Masker

Rifqi menambahkan, kehadiran parliamentary threshold adalah cara bangsa ini secara regulatif memastikan pelembagaan parpol. Salah satu indikatornya, parpol itu memiliki basis konstituen yang kokoh, dibalut dalam suatu ideologi untuk diuji di pemilu.

“Ini yang seharusnya dikuatkan. Semakin parpol terlembaga, semakin sehat dia,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.