Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Optimasi Lahan Kering Tingkatkan Indeks Pertanaman Dan Produktivitas Pertanian Garut

Rabu, 22 Juni 2022 14:54 WIB
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Ali Jamil/Ist
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Ali Jamil/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) menggulirkan program optimasi lahan kering untuk petani di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Program optimasi lahan kering itu direalisasikan seluas 300 hektare dari 150 ribu areal lahan kering yang dimiliki Provinsi Jawa Barat.

Dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan berupa pemanfaatan sinar matahari untuk irigasi jenis pompanisasi, program optimasi lahan kering Kementan sukses meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan, pengembangan areal pertanian terus dilakukan seiring dengan menyempitkan lahan pertanian imbas pembangunan. 

Selain itu, optimasi lahan kering ini sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan nasional untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat.

"Kementan terus berkomitmen terhadap program ketahanan pangan nasional. Kebutuhan pangan rakyat tak boleh bersoal. Kita harus terus berproduksi karena kebutuhan masyarakat akan pangan tak bisa ditawar-tawar," kata SYL.

Baca juga : Malam Ini Lawan Bhayangkara, Persib Tanpa Bobotoh Dan Minus 3 Pemain Pilar

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil mengatakan, program optimasi lahan kering ini sejalan dengan tujuan pembangunan pertanian nasional. Yakni,menyediakan pangan rakyat, meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas pertanian dan menggenjot ekspor. 

“Kami terus berupaya mendorong sektor pertanian ini ke arah maju, mandiri dan modern. Melalui penggunaan mekanisasi pertanian, kami berupaya pertanian dapat beradaptasi dengan perkembangan Teknologi 4.0," tutur Ali. 

Dikatakan Ali, pihaknya tak pernah berhenti bekerja semaksimal mungkin meningkatkan produktivitas pertanian. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan optimasi lahan kering. 

Melalui program optimasi lahan kering, maka ada dua hal yang disasar, yaitu produktivitas dan peningkatan indeks pertanaman. 

“Program ini memiliki dua manfaat bagi pertanian kita dan petani itu sendiri,” kata Ali.

Baca juga : Bendungan Jadi “Mesin Raksasa” Tingkatkan Produksi Pangan

Indonesia, menurutnya, memiliki potensi yang cukup besar untuk dapat dikembangkan dalam program optimasi lahan kering. 

Oleh karenanya, Kementan terus berupaya agar sektor pertanian dapat memberikan dukungan penuh tak hanya bagi pemenuhan pangan rakyat, juga pembangunan perekonomian nasional.

"Pertanian itu sektor yang cukup menjanjikan. Dengan penggunaan teknologi modern, pertanian dapat berkembang baik, mengikuti perkembangan zaman. Sehingga petani dapat lebih memaksimalkan sektor pertanian mereka," jelas Ali.

Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan Erwin Noorwibowo menerangkan, program optimasi lahan kering ini direalisasikan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Kabupaten Garut. 

Dengan begitu, produktivitas pertanian dapat terus meningkat, yang akan berimbas pada meningkatnya pula pendapatan petani.

Baca juga : Wagub Ariza Janji Tingkatkan Kesejahteraan Bidan

Menurutnya, orientasi itu tentu meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas pertanian. Apalah artinya pembangunan pertanian, ketika petaninya tak mendapatkan manfaat. 

“Oleh karenanya, kami berharap program ini dapat dimanfaatkan oleh petani untuk meningkatkan produksi pertaniannya, yang diharapkan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan mereka," harap Erwin.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.