Dark/Light Mode

Tenang, Ada Gratisan 5 Liter Dari Pemerintah

Ingat Ya, Jangan Masukin Air Zamzam Ke Koper Bagasi, Pesawat Bisa Delay

Jumat, 24 Juni 2022 12:01 WIB
Kadaker Bandara Haryanto didampingi Kasi Yanmul Edayanti dan Operation Manager JMC, Ameer Alsulaimani. (Foto: Humas Kemenag)
Kadaker Bandara Haryanto didampingi Kasi Yanmul Edayanti dan Operation Manager JMC, Ameer Alsulaimani. (Foto: Humas Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Daker Bandara Haryanto mengingatkan jemaah haji Indonesia, agar tidak memasukkan air Zamzam ke dalam koper bagasi. Saat akan pulang ke Tanah Air.

Jemaah haji tak perlu khawatir, karena dipastikan mendapat 5 liter air Zamzam, begitu tiba di embarkasi kedatangan.

 

Baca juga : Investor Ngarep Bisa Tarik Modal Lagi

"Aturan penerbangan terkait air Zamzam ini sangat ketat. Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan alat pemindai Multiview, yang mampu mendeteksi barang-barang terlarang  sesuai aturan penerbangan internasional. Termasuk, air Zamzam. Bahkan perusahaan pengangkut mengingatkan, 1 ml air pun dilarang dimasukkan ke bagasi,” kata Haryanto, usai mengecek kesiapan gudang milik Jeddah Management Company (JMC) di Distrik Al Hamra Umm Al Jud, Makkah, Kamis (23/6).

Perusahaan ini ditunjuk oleh Saudi Airline untuk menyiapkan gudang yang akan memeriksa, mengurus, dan mengangkut barang bagasi tercatat milik jemaah haji Indonesia.

Kasie Pelayanan dan Pemulangan (Yanmul) Daker Bandara Jeddah-Madinah, Edayanti Dasril Munir menambahkan, pada fase pemulangan, barang bagasi jemaah haji Indonesia akan dikumpulkan dua hari sebelum penerbangan. Bobot maksimal, tidak boleh lebih dari 32 kg.

Baca juga : Jaga Stabilitas Harga Pangan, Menko Airlangga Tinjau Operasi Pasar Murah Di Bintan

Proses City Check akan dilakukan di hotel. Jemaah bisa langsung mendapat bukti bagasi alias claim tag dan boarding pass. Sehingga diharapkan, tidak ada lagi barang-barang terlarang yang akan diangkut.

"Ini based on safety regulation. Jadi, barang yang tidak boleh dibawa antara lain aerosol, bahan mudah meledak, senjata tajam, uang dengan jumlah tertentu, termasuk air Zamzam tidak boleh masuk dalam bagasi jemaah,” jelas Eda.

Barang dilarang yang terdeteksi saat pemeriksaan, akan dikeluarkan dari bagasi. Disaksikan petugas PPIH, dan dalam pengawasan CCTV. Barang tersebut akan dikembalikan ke Daker Makkah.

Baca juga : Ketersediaan Cukup, MUI Minta Pemerintah Suntikkan Vaksin Halal Ke Umat Islam

“Barang tidak akan dibuang. Jadi, tidak ada bahasanya menzalimi jemaah,” ujar Eda.

Untuk itu, jemaah haji diminta tidak memaksakan diri untuk memasukkan Air Zamzam ke dalam bagasi. Sebab, jika kedapatan oleh petugas, tas akan dikembalikan ke Daker Makkah. Itu akan mengganggu kelancaran penerbangan.

“Ini akan menjadi problem besar  dan bisa menyebabkan delay pesawat. Sedangkan sistem kita, jumlah orang dan bagasi harus sama,” tukasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.