Dark/Light Mode

Mau Damaikan Rusia-Ukraina, Naik Kereta Api 12 Jam

Bismillah...Pak Jokowi Lancar, Aman, Selamat

Rabu, 29 Juni 2022 06:30 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta delegasi tiba di Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia pada Selasa (28/6) sekitar pukul 11.50 waktu setempat. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta delegasi tiba di Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia pada Selasa (28/6) sekitar pukul 11.50 waktu setempat. (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usaha Presiden Jokowi untuk mendamaikan Rusia Vs Ukraina, dimulai hari ini. Usai menghadiri KTT G7 di Jerman, Jokowi langsung terbang ke Kota Rzeszow, Polandia. Dari sini, Jokowi berangkat menuju Kiev, Ibu Kota Ukraina, dengan naik kereta api. Waktu tempuh perjalanan diperkirakan selama 12 jam. Bismillah… semoga perjalanan Pak Jokowi lancar, aman, dan selamat. 

Cuaca sedang cerah saat Jokowi dan Ibu Iriana tiba di badara  Rzeszow-Jasionka, Polandia, sekitar pukul 11.50 siang, kemarin. Turun dari pesawat, Jokowi disambut Wakil Gubernur Provinsi Rzeszow, Rodoslaw Wiatr, Duta Besar RI untuk Polandia Anita Luhulima, dan Atase Pertahanan RI Kolonel Adi Triadi beserta istri. Rzeszow adalah salah satu kota di Polandia yang dekat ke perbatasan Ukraina. Jaraknya sekitar 80 kilometer menuju perbatasan. 

Dari bandara, Jokowi tak langsung ke Ukraina. Namun, rehat dulu sejenak di hotel transit. Rombongan dijadwalkan berangkat menuju Kiev pada malam hari dengan menumpang kereta. Menurut Google Maps, jarak Rzeszow ke Kiev sekitar 708 kilometer. Atau kurang lebih Jakarta-Surabaya. Waktu tempuh menggunakan kereta sekitar sekitar 12 jam. 

Baca juga : Damaikan Rusia-Ukraina, Jokowi Harus Blak-blakan

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung ikut mengabarkan rencana perjalanan Jokowi ke Kiev. Di akun Instagram miliknya, Pramono mengunggah foto saat ia berbincang dengan Jokowi di dalam pesawat dalam perjalanan ke Polandia.

"Bismillah Presiden @jokowi dalam perjalanan ke Polandia dengan pesawat dan setelah itu langsung ke Ukraina dengan menggunakan kereta api selama 12 jam," tulis @pramonoanungw. 

Dari Polandia, lanjut Pramono, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menjalankan misi perdamaian. "Presiden @jokowi selalu mengecek setiap kegiatan dengan detail, termasuk perjalanan ke Ukraina dan Rusia, dalam rombongan yang sangat terbatas," tulis Pramono.

Baca juga : Mau Damaikan Rusia-Ukraina, Jokowi: Ini Untuk Cegah Dunia Kelaparan

Unggahan politisi PDIP itu mendapat banyak komentar. Sebanyak 228 pengguna menuliskan komentar. 

Pengamat militer dan keamanan, Susaningtyas Kertopati mendoakan semoga misi perdamaian Jokowi ini berjalan aman dan lancar. "Presiden Jokowi sukses dalam misi perdamaian ini," ujarnya, melalui akun @susaningtyasnefokertopati. 

Pemilik akun @chaidirakbar mengharapkan hal serupa. "Bismillah semoga dilancarkan misi perdamaian yang akan dibawa dan dijaga kesempatan Mas Pram dan rombongan," harapnya.

Baca juga : Jokowi Menuai Pujian

Jelang keberangkatan ke Ukraina, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengintensifkan komunikasi dengan Ukraina dan Rusia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.