Dark/Light Mode

Teladani Karakter Sunan Kalijaga

KPK Ajak Masyarakat Tanamkan Nilai Antikorupsi

Rabu, 29 Juni 2022 23:08 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. (Foto: Humas KPK)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. (Foto: Humas KPK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengingatkan, pendidikan karakter merupakan hal penting untuk ditanamkan pada diri setiap orang.

Hal tersebut disampaikannya dalam Kuliah Umum Pendidikan Antikoupsi dengan tema "Membangun Integritas Bangsa di Pendidikan", yang digelar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (29/6).

"Karakter yang kuat akan membuat seseorang jauh dari tindakan negatif seperti perilaku korupsi," pesan Ghufron.

Baca juga : Di Hari Keluarga Nasional, Puan Ajak Masyarakat Dukung RUU KIA Demi Gizi Baik Anak

Dia meminta seluruh mahasiswa untuk meneladani karakter tokoh Wali Songo Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga dikenal sebagai sosok yang memiliki sikap religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, kreatif, demokratis, peduli lingkungan, peduli sosial, dan memiliki tanggung jawab tinggi.

"Nama besar Sunan Kalijaga ini harus dijaga. Kalau mahasiswa meneladaninya, saya yakin kita bisa bermimpi di masa yang akan datang Indonesia bisa bebas dari korupsi. Saatnya mencetak kader bangsa yang berilmu tinggi dan beradab," tuturnya.

Ghufron menyebut, banyak pelaku korupsi yang berlatar belakang pendidikan tinggi. Hal ini secara gamblang memperlihatkan bahwa banyak orang memiliki ilmu tinggi tapi tidak memiliki karakter dan integritas. Singkatnya, menurut Ghufron, kini orang banyak hanya terpaku pada kemewahan, jabatan, dan uang.

Baca juga : Melalui Tradisi Pararem, KPK Ajak Masyarakat Bali Cegah Korupsi

Oleh karenanya, KPK mengajak civitas akademika untuk bergandengan tangan menjaga identitas dan nilai. Sebuah identitas diri yang tangguh dan berani mengatakan tidak tergiur pada praktik korupsi dalam situasi apapun.

"Juga sebuah nilai dari diri sendiri untuk memastikan, setinggi apapun ilmu yang dimiliki, maka adab merupakan hal utama dalam kehidupan," tandas Ghufron.

Senada, Rektor UIN Sunan Kalijaga Al Makin juga berharap, ketika sudah lulus, para mahasiswa menjadi pemimpin yang bersih dan memiliki rasa tanggung jawab tinggi.

Baca juga : Temui Kepala BP2MI, Perusahaan Malaysia Ajak Perkuat Kerja Sama Penempatan PMI

"Mahasiswa bisa menjadi agen antikorupsi di manapun berada, untuk itu KPK dan kampus harus kerja sama menguatkannya," harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.