Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menteri ATR Perkuat Sinergi Antar Kementerian/Lembaga

Senin, 11 Juli 2022 23:58 WIB
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto terus melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan beberapa pimpinan kementerian/lembaga guna penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan di Indonesia.

Kali ini, Menteri ATR melakukan pertemuan dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko pada Jumat (8/7). 

Berita Terkait : Jelang Akhir Pekan, Rupiah Makin Bertenaga

Pertemuan ini sebagai langkah percepatan penyelesaian konflik agraria yang terkait dengan aset BUMN, salah satunya yaitu PT Perkebunan Nusantara (PTPN). 

Kementerian ATR/BPN bersama Kementerian BUMN dan KSP menyusun strategi terkait dengan skema penyelesaian sengketa dan konflik. Diharapkan perlahan persoalan tanah tersebut bisa dicarikan solusinya secara bersama tanpa merugikan pihak mana pun. 

Berita Terkait : Menkes Apresiasi Teknologi Kesehatan Poltekkes Surabaya

"Dalam hal ini, saya melakukan pendalaman dengan konsolidasi antar kementerian/lembaga yaitu dengan BUMN dan KSP," ujar Menteri ATR dikutip dalam keterangannya, Senin (11/7). 

"Harapannya kedua pertemuan tersebut akan membuahkan solusi bagi semua pihak, kesejahteraan masyarakat tercipta dan aset BUMN tetap terjaga," tambahnya.

Berita Terkait : Pegadaian Dan DJKN Perkuat Kerja Sama Akurasi Data Bea Lelang

Salah satu upaya dalam menghindari terjadinya sengketa dan konflik pertanahan, Menteri ATR mengutarakan kepada Menteri BUMN agar dapat bekerja sama dengan aparat penegak hukum dalam menjaga asetnya di lapangan. 

"Penjagaan aset bisa dengan bekerja sama dengan Polri dan aparat penegak hukum," tuturnya.■