Dark/Light Mode

Supaya Rakyat Tidak Dirugikan

Mendagri Ingatkan Daerah Perbaiki Tata Kelola Sawit

Minggu, 17 Juli 2022 07:55 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat menghadiri Orientasi Pembangunan Desa Berkelanjutan di Jakarta, Sabtu (16/7/2022). (Foto: Istimewa)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat menghadiri Orientasi Pembangunan Desa Berkelanjutan di Jakarta, Sabtu (16/7/2022). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Padahal, rakyat seharusnya bisa mendapatkan nilai tambah dari usaha investasi sawit yang ada di situ.

“Ini memerlukan tata kelola yang lebih baik. Dan tata kelola yang baik ini perlu melibatkan semua stakeholder, baik Pemerintah Pusat, maupun Pemerintah Daerah,” bebernya.

Karena itu, mantan Kapolri ini meminta para kepala daerah dan kepala desa bekerja sama memanfaatkan industri kelapa sawit untuk kepentingan rakyat.

Baca juga : Ketahanan Pangan Dan Optimalisasi Lahan Pertanian, Dasar Kementan Perbaiki Tata Kelola Pupuk Subsidi

Mendagri mengingatkan, Indonesia merupakan pemain dominan dalam industri kelapa sawit di dunia.

Kelapa sawit tak hanya memberikan pemasukan untuk Pemerintah Pusat dan daerah, juga memberikan lapangan kerja serta manfaat besar lainnya bagi rakyat.

“Peran kepala desa dan para bupati juga harus disertakan dalam tata kelola industri perkebunan kelapa sawit, yang menjadi primadona Indonesia ini,” ujar Tito.

Baca juga : Terobosan Pemerintah Perbaiki Tata Kelola Pupuk Subsidi Demi Ketahanan Pangan Nasional

Menurutnya, dalam lingkup Pemerintah Daerah, yang paling depan berhadapan dengan masyarakat adalah para kepala desa dan bupati. Sehingga peran keduanya perlu dilibatkan.

Dia menambahkan, salah satu isu penting di tengah pandemi Covid-19, yaitu masalah lingkungan, seperti perubahan iklim dan global warming. Hal ini jika tidak dikelola, maka akan menjadi bencana yang melebihi pandemi Covid-19.

Upaya-upaya untuk menjaga lingkungan, termasuk mengelola hutan, juga harus dilakukan. Tito mengingatkan, jangan sampai ada penebangan berlebihan karena kelapa sawit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.