Dark/Light Mode

Anjungan Sampai Infrastruktur Dipercantik

Renovasi TMII Dikebut Demi Sambut Tamu G20

Kamis, 21 Juli 2022 07:55 WIB
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno (tengah) saat melakukan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalam rangka meninjau perkembangan revitalisasi TMII, Minggu (17/7). (Foto: Humas Kemensesneg)
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno (tengah) saat melakukan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalam rangka meninjau perkembangan revitalisasi TMII, Minggu (17/7). (Foto: Humas Kemensesneg)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg) mengingatkan seluruh Pemerintah Provinsi untuk mempercantik setiap bangunan khas, atau anjungan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ditargetkan, bulan depan revitalisasi anjungan tersebut sudah rampung.

“Setiap provinsi segera memperbaiki anjungan-anjungannya sesuai desain yang sudah dirancang oleh KemenPUPR dan PT Taman Wisata Candi (PT TWC),” imbau Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, kemarin.

Kemensetneg telah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri agar memberikan arahan kepada Pemerintah Provinsi dalam menindaklanjuti pembangunan anjungan di TMII. Ia berharap, renovasi tersebut lekas selesai di awal Agustus 2022.

Baca juga : Dewan Minta DKI Bikin Transportasi Publik Sekeren Singapura

Selain dengan Kemendagri, pihaknya juga berkoordinasi dengan KemenPUPR dan Kementerian lain.

Pratikno juga mengaku sudah menghubungi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Pratikno menjelaskan, nantinya TMII tidak hanya akan menjadi tempat wisata, tetapi juga tempat edukasi.

Baca juga : PLN Operasikan 2 Infrastruktur Listrik Senilai Rp 304 Miliar Di Surabaya

Ia mencontohkan, Danau Archipelago yang berada di tengah kompleks TMII akan menyuguhkan miniatur kepulauan Indonesia dari Sumatera hingga Papua.

“Bisa dilihat dari atas dan viewing tower ini akan jadi tempat yang menarik, tidak sekadar untuk berwisata, tapi juga untuk edukasi,” terangnya.

Selain itu museum kementerian juga didorong untuk tempat edukasi. Semuanya sedang dikerjakan dengan tujuan utama adalah edukasi siswa sekolah.

Baca juga : Tinjau Lokasi, PUPR Data Infrastruktur Yang Rusak Akibat Gempa Sumbar

“Kami juga pikirkan untuk dikaitkan dengan program Merdeka Belajar,” cetus Pratikno.

Renovasi ini dikebut agar selesai sesuai rencana. Soalnya, Pemerintah akan menyelenggarakan event pada akhir Agustus di TMII. “Acaranya nanti seperti soft launching yang berkaitan dengan G20,” ungkapnya.

Terpisah, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, renovasi TMII menganggarkan Rp 1,2 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.