Dark/Light Mode

Anjungan Sampai Infrastruktur Dipercantik

Renovasi TMII Dikebut Demi Sambut Tamu G20

Kamis, 21 Juli 2022 07:55 WIB
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno (tengah) saat melakukan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalam rangka meninjau perkembangan revitalisasi TMII, Minggu (17/7). (Foto: Humas Kemensesneg)
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno (tengah) saat melakukan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalam rangka meninjau perkembangan revitalisasi TMII, Minggu (17/7). (Foto: Humas Kemensesneg)

 Sebelumnya 
Dana itu akan digunakan untuk memperbaiki beberapa lokasi antara lain Danau Archipelago, Joglo Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, jalan, dan tempat parkir. Begitu juga dengan infrastruktur lainnya yang tengah direnovasi.

“Di TMII ini kami rehab besar-besaran seperti GBK dulu. Mudah-mudahan akan menjadi lebih baik karena memang sudah lama sekali itu tidak disentuh,” tutur Basuki.

Renovasi TMII ini dilakukan untuk menyambut tamu-tamu internasional dalam rangka KTT G20.

Baca juga : Dewan Minta DKI Bikin Transportasi Publik Sekeren Singapura

Rencananya penyambutan tamu G20 akan diselenggarakan di Oktober mendatang.

Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang sedang mengejar menggenjot renovasi anjungan TMII. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, renovasi ini adalah salah satu upaya mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

“Anjungan Jatim dipercantik dan diperkuat kontennya di TMII,” tegasnya.

Baca juga : PLN Operasikan 2 Infrastruktur Listrik Senilai Rp 304 Miliar Di Surabaya

Khofifah sudah meninjau satu per satu bangunan yang ada di anjungan. Mulai dari replika Candi Penataran di bagian depan pintu masuk sampai bangunan khas kabupaten/kota di Jatim.

“Seperti rumah adat dapur Pacitan, rumah adat Situbondo, rumah adat Sumenep, rumah adat Bangkalan, Pendopo Ponorogo, rumah dokar, bangunan panggung kesenian, serta joglo,” ungkapnya.

Pembenahan di beberapa titik, kata Khofifah, juga akan didukung digitalisasi informasi dan teknologi, seperti menampilkan konten wisata dan budaya dalam format artificial intelligence.

Baca juga : Tinjau Lokasi, PUPR Data Infrastruktur Yang Rusak Akibat Gempa Sumbar

Harapannya, pengunjung bisa menikmati walaupun belum berkunjung langsung ke lokasi tersebut.

“Jadi proses digitalisasi ini harus dimaksimalkan terutama yang bisa menampilkan informasi TTI Jatim,” tandas Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.