Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penanganan Covid Tepat

Pemulihan Perekonomian Tetap Terjaga

Selasa, 26 Juli 2022 07:40 WIB
Kepala Grup Departemen Ekonomi Dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia (BI) Wira Kusuma. (Foto: Istimewa)
Kepala Grup Departemen Ekonomi Dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia (BI) Wira Kusuma. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penanganan Covid-19 yang tepat bakal berimbas terhadap kondisi ekonomi. Kasus meledak akibat salah penanganan, bisa bikin ekonomi kembali kempis.

Kepala Grup Departemen Ekonomi Dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia (BI) Wira Kusuma menjelaskan, untuk memulihkan kembali ekonomi global, penanganan Covid-19 yang tepat tak hanya bisa dilakukan oleh satu atau dua negara. Tapi, seluruh negara.

“Itu sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi. Ini salah satu isu yang mewarnai ekonomi global,” ujar Wira dalam diskusi yang digelar Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Presiden Timor Leste Puji Kemajuan Pariwisata NTT

Meski pandemi Covid-19 sudah berangsur-angsur membaik, tapi kasus masih fluktuatif. Kondisi ini yang membuat banyak negara masih waswas.

Apalagi virus Corona penyebab Covid-19 terus bermutasi. Kemungkinan, varian-varian baru dari virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China ini, masih akan terus lahir. “Ini yang masih menjadi risiko,” imbuhnya.

Bersyukur, varian-varian baru Covid-19 saat ini masih tergolong lebih “ringan” ketimbang varian lawas seperti Delta, yang menyebabkan gelombang dua di Tanah Air dan merenggut banyak nyawa. Masih dapat dikendalikan Pemerintah.

Baca juga : Kunjungan Wisatawan Meningkat, Himpunan Pramuwisata Kukar Dukung IKN

Meski begitu, masyarakat tetap tak boleh lengah. Pemerintah tetap mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes), berupa pemakaian masker dan melakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi di area publik.

Selain itu, laju vaksinasi juga masih terus digenjot terutama untuk dosis booster.

Penanganan Covid-19 oleh Pemerintah yang sangat baik ini menciptakan mobilitas tinggi. Kemudian meningkatkan aktivitas ekonomi dan akan meningkatkan permintaan domestik, utamanya private consumption,” ungkap Wira.

Baca juga : DKI Pastikan Kenyamanan Pengunjung Saat Pembukaan Tebet Eco Park

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai, kondisi pandemi Covid-19 masih terkendali jika dibandingkan negara-negara lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.