Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

China Tambah Impor 1 Juta Ton CPO RI

Mendag Ucapkan Terima Kasih Kepada Presiden Jokowi

Kamis, 28 Juli 2022 14:48 WIB
Mendag Zulkifli Hasan dan Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Mendag Zulkifli Hasan dan Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - China berkomitmen untuk menambah impor crude palm oil atau CPO sebanyak 1 juta ton dari Indonesia. Komitmen itu disampaikan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Keqiang di Villa 5, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa (26/7).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyambut sukacita keberhasilan Presiden Jokowi itu.

"Beliau selamatkan dan sejahterakan jutaan petani sawit," kata Mendag yang akrab disapa Zulhas itu, usai menghadiri Pembukaan Pasar Hasil Bumi dan Produk UMKM, di Serang, Banten, Kamis (28/7).

Baca juga : Publik Ingin Cawapres Prabowo Dipilih Presiden Jokowi

Mendag Zulhas menilai, tambahan pembelian CPO dari Tiongkok sangat penting bagi petani sawit di dalam negeri dan eksportir CPO. Jutaan petani terselamatkan dan makin sejahtera dengan tambahan pembelian ini.

"Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi," ucapnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China (Premier) Li Keqiang. Presiden Jokowi berharap kerja sama Indonesia-RRT dapat terus ditingkatkan.

Baca juga : Pekerja Migran Beri Selamat Ultah Ke Presiden Jokowi

Selain berkomitmen menambah impor CPO 1 juta ton, China juga berkomitmen untuk mengurai permasalahan logistik ekspor CPO ke Negeri TIrai Bambu itu.

Dalam hal ini, China akan memberikan tambahan kapal untuk keperluan ekspor tersebut. Begitu juga dengan komitmen China untuk memprioritaskan impor produk pertanian dari Indonesia.

Presiden Jokowi dan Li Keqiang juga membahas kerja sama pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

Baca juga : Kiai Dan Santri Jateng Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

Dengan tambahan impor CPO dari Tiongkok ini, Mendag Zulhaz berharap produsen CPO akan membeli tandan buah segar (TBS) dengan harga yang wajar.

"Dengan permintaan Tiongkok ini, harga TBS diharapkan terus merangkak naik hingga di atas Rp 3.000 per kilogram," harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.