Dark/Light Mode

Kemenkominfo Dan Kemendagri Gelar Literasi Digital Bagi ASN Jateng

Jumat, 5 Agustus 2022 19:03 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Sementara, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis Kemendagri Dian Andi Permana, mengajak ASN untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitasnya serta terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan atau menghadapi perubahan, khususnya di era digital ini.

"Sesuai dengan core value ASN, yaitu BerAKHLAK, merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, di mana core value kompeten dan adaptif, memiliki makna bahwa ASN terus belajar dan mengembangkan kapabilitasnya," ujar Dian.

Baca juga : Kominfo Genjot Pelaku UMKM Papua Masuk Ekosistem Digital

Kegiatan terdiri dari dua sesi yang diisi dengan materi mengenai empat pilar literasi digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital.

Materi keempat pilar literasi digital tersebut disampaikan oleh narasumber yang kredibel dan berpengalaman di bidangnya. Pemaparan materi sesi pertama dibawakan oleh Gatot Sandy, Praktisi di bidang Konten Digital.

Baca juga : Komitmen Kemendes Fasilitasi Masalah Tanah Transmigrasi Diapresiasi Lembaga Negara

Gatot Sandy memaparkan materi etika dan budaya literasi digital. Gatot mengajak ASN untuk saring sebelum sharing informasi di media sosial.

"Kalau kita bukan menjadi solusi, siapa tahu kita adalah sumber masalahnya, maka pastikan kita bukan sumber dari masalah dan jadilah bagian dari solusi, setidaknya kita menahan terlebih dahulu informasi yang belum kita ketahui betul sumbernya dari mana dan kredibilitasnya seperti apa," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.