Dark/Light Mode

Kemendikbud Lebih Fokus Lestarikan Cagar Budaya

Kamis, 18 Juli 2019 17:53 WIB
Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud Fitra Arda. (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka).
Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud Fitra Arda. (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan saat ini sedang fokus mendaftarkan obyek-obyek yang termasuk cagar budaya yang berjumlah 92.346 objek yang terdaftar.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud Fitra Arda menjelaskan jumlah Obyek Diduga Cagar Budaya yang terverifikasi sebanyak 46.285 objek. Jumlah cagar budaya baik dari penetapan daerah maupun menteri sebanyak 3.211 objek.

Menurutnya, peninggalan purbakala Indonesia dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional.

Baca juga : Rully Nere: Skuad Garuda Pertiwi Fokuskan Latihan di Sleman

“Yang melampaui batas-batas pengelompokan etnis, ras, budaya, dan agama dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan falsafah negara Pancasila” ucap Fitra dalam memberikan keterangan saat menghadiri HUT Purbakala 106 di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (18/7).

Lebih lanjut ia menjelaskan Cagar Budaya memiliki peran penting untuk memupuk kesadaran jati diri bangsa dan mempertinggi harkat dan martabat bangsa di tengah-tengah peradaban dunia.

"Agar pelestarian Cagar Budaya ke depan dapat lebih fokus, efektif, dan efisien perlu strategi pengelolaan yang tepat," ungkapnya.

Baca juga : Kepentingan Lebih Besar

Hal ini menurutnya sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,  khususnya yang berkaitan dengan Strategi Kebudayaan.

"Dalam penyusunan agenda Strategis Pemajuan Kebudayaan salah satunya telah ditetapkan langkah-langkah upaya untuk  meningkatkan pariwisata berbasis pemanfaatan museum, Cagar Budaya,  dan obyek pemajuan kebudayaan yang mengindahkan kaidah-kiadah pelestarian," imbuhnya.

Menurutnya, berdasarkan data statistik ini menunjukan capaian jumlah Cagar Budaya yang ada masih belum seimbang dengan jumlah objek yang didaftar.

Baca juga : Abaikan Perbedaan Pilihan Politik, Jokowi Fokus Sejahterakan Rakyat

“Salah satu faktor penyebab utama adalah masih rendahnya kuantitas dan kualitas SDM bidang Pelestarian Cagar Budaya," pungkasnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.