Dark/Light Mode

Gandeng Bank Mandiri, BNPT Bakal Bangun Warung NKRI

Senin, 22 Agustus 2022 17:31 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja dama dengan PT Bank Mandiri (Persero) akan membangun Wadah Akur Rukun Nurani Gelorakan NKRI atau Warung NKRI di sejumlah wilayah.

Rencana ini dibahas dalam pertemuan antara Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, dengan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Baca juga : Tangkal Serangan Siber, BNI Perkuat Literasi Digital Dan Perlindungan Nasabah

"Strategi kita ini dikenal dengan konsep pentahelix dalam melawan terorisme, kita bikin program warung dengan ada ornamen merah putih dan obrolan-obrolan tentang kebangsaan," kata Boy Rafli, Senin (22/8).

Boy menjelaskan, Warung NKRI merupakan salah satu anak program kontra radikalisasi. Dalam warung ini BNPT berkolaborasi dengan berbagai pihak sebagai wujud implementasi dari konsep pentahelix.

Baca juga : Gandeng PP Muhammadiyah, BSI Perkuat Inklusi Dan Penetrasi Keuangan Syariah Nasional

Tidak hanya menggandeng pemerintah daerah, pihak swasta dan BUMN turut dilibatkan dalam Warung NKRI. Darmawan Junaidi menyambut baik kolaborasi pencegahan terorisme antara BNPT dan Mandiri.

Tidak dipungkiri, ideologi radikal terorisme rentan menyerang berbagai lapisan masyarakat. Oleh karena itu, seluruh pihak harus berkontribusi dalam mencegahnya.

Baca juga : Gandeng Adaro, Menteri Siti Bangun Pusat Persemaian Di Kalsel

"Program ini inline dengan kami, satu sisi untuk mencegah paham-paham radikal dan juga untuk menggerakkan ekonomi," kata dia.

Kerja sama formal antara BNPT dan Mandiri akan diwujudkan melalui Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani dalam waktu dekat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.