Dark/Light Mode

Kemenhub Lantik 830 Taruna Kampus PTDI-STTD

Minggu, 28 Agustus 2022 13:45 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melantik 830 taruna di kampus Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD (PTDI-STTD), Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu (27/8).

Wisudawan yang dilantik merupakan para perwira transportasi darat dari Sarjana Terapan Transportasi Darat Alih Jenjang sebanyak 23 orang.

Kemudian, Sarjana Terapan Transportasi Darat sebanyak 331 orang, Diploma III (D-III) Manajemen Transportasi Jalan sebanyak 381 orang, dan Diploma III (D-III) Manajemen Transportasi Perkeretaapian sebanyak 95 orang.

Baca juga : Kemenhub Gratiskan Jasa PJP4U Di UPBU

Inspektur Jenderal Kemenhub I Gede Pasek yang melantik para wisudawan mengatakan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci keberhasilan dan kemajuan Indonesia di masa depan.

"Kemajuan dan perkembangan teknologi akan bertumpu pada SDM dengan pemanfaatan teknologi yang mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi sehingga dapat meminimalisir kesenjangan pada manusia dan masalah ekonomi di kemudian hari," katanya dalam keterangan resminya, Minggu (28/8).

Menurutnya, PTDI - STTD memiliki peran sangat penting dalam penyediaan dan peningkatan kualitas SDM Perhubungan yang adaptif dan kompetitif sehingga siap menghadapi era society 5.0.

Baca juga : Menhub Gandeng Bank Dunia Bangun Kapal Ro-Ro Di NTT

Gede Pasek menilai, tenaga profesional muda sangat dibutuhkan Kemenhub dan Pemerintah daerah dalam rangka regenerasi angkatan kerja dan untuk mendorong percepatan pembangunan, pemerataan dan penguasaan teknologi tepat guna terbaru. 

Ketiganya dilakukan berjenjang dari pusat ke daerah agar tercipta sinergitas yang baik demi kemajuan transportasi khususnya transportasi darat dan perkeretaapian.

Untuk diketahui, arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, SDM merupakan kunci dalam kemajuan transportasi, sehingga lembaga pendidikan transportasi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa depan.

Baca juga : Wamen ATR Bahas Bank Tanah Bersama DPD

Ia berpesan kepada para wisudawan sebagai insan transportasi harus terus meningkatkan kompetensi, kemampuan, sikap mental, disiplin dan tanggung jawab yang tinggi agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat serta dapat mendukung terciptanya insan perhubungan yang andal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.