Dark/Light Mode

Sambangi UIN Sumut

Kepala BNPT Ajak 5.883 Civitas Akademika Jadi Relawan Moderasi Beragama

Selasa, 30 Agustus 2022 17:15 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengingatkan pentingnya transformasi moderasi beragama sebagai salah satu vaksin untuk menghadapi virus radikal terorisme, yang penyebarannya ramai melalui dunia maya.

Hal itu disampaikan Boy, di hadapan civitas akademika, termasuk 5.883 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Selasa (30/8).

Baca juga : Kepala BNPT Apresiasi Perjuangan Polisi Berantas Terorisme

"Moderasi beragama ini penting melihat propaganda mereka (kelompok terorisme) memecah belah masyarakat kita, nilai toleransi dan karakter keindonesiaan harus dibangun di generasi muda," kata Boy, dalam acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Mahasiswa Baru UIN Sumut.

Boy juga mengajak seluruh civitas akademika UIN Sumut mendeklarasikan diri menjadi relawan moderasi beragama untuk melawan radikalisme terorisme bersama BNPT.

Baca juga : Masjid Istiqlal Ikut Kuatkan Persatuan Umat Beragama

Mantan Kadiv Humas Polri ini menekankan jika propaganda intoleransi, radikalisme dan terorisme yang kerap mengatasnamakan agama berpotensi menciptakan polarisasi di masyarakat, sehingga penting bagi generasi muda untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai moderasi beragama.

Di samping itu, Kepala BNPT juga melihat pentingnya kemampuan literasi digital dalam menangkal radikalisme terorisme di dunia maya. Menurutnya civitas akademika UIN Sumut harus menjadi pengguna media sosial yang bijak.

Baca juga : Kepala BNPT Ajak UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Sebarkan Moderasi Beragama Pada Mahasiswa

"Literasi digital harus jadi ilmu pengetahuan umum di UIN karena hari ini semuanya ada di media sosial, tetap sadar dalam media sosial, jangan jadi bagian yang mengirim pesan misinformasi, apalagi yang bernada kebencian karena itu benih intoleransi yang menyuburkan aksi kekerasan atau terorisme," imbaunya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.