Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Bertemu Perwakilan Uni Eropa

Mendag Harapkan Percepatan Penyelesaian Perundingan IEU-CEPA

Rabu, 21 September 2022 19:48 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bertemu Wakil Presiden Eksekutif/Komisaris Eropa (EVP) untuk Perdagangan Valdis Dombrovskis, di Bali, Rabu (21/9). (Foto: Istimewa)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bertemu Wakil Presiden Eksekutif/Komisaris Eropa (EVP) untuk Perdagangan Valdis Dombrovskis, di Bali, Rabu (21/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bertemu Wakil Presiden Eksekutif/Komisaris Eropa (EVP) untuk Perdagangan Valdis Dombrovskis, Rabu (21/9).

Pertemuan membahas hubungan dan kerja sama perdagangan bilateral, terutama perkembangan perundingan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (IEU-CEPA).

Pertemuan bilateral dilaksanakan di sela-sela G20 Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, 21-23 September 2022.

"Perundingan IEU-CEPA adalah agenda prioritas Indonesia. Mengingat besarnya potensi ekonomi Indonesia dan Uni Eropa, kita mendorong perundingan untuk segera selesai dan diimplementasikan," ujar Zulhas di Nusa Dua, Rabu (21/9).

Baca juga : Ganjar Rencanakan Penataan Pemukiman Seperti Di Belanda

Perundingan IEA-CEPA telah dimulai pada 2016 dan akan memasuki putaran ke-12 pada Oktober 2022. Ia menyampaikan, pentingnya upaya bersama untuk mencapai kesepakatan dalam isu-isu yang masih terbuka.

Diharapkan dalam pertemuan berikutnya akan mencapai kemajuan yang signifikan. Mendag Zulkifli Hasan dan EVP Dombrovskis juga membahas perkembangan kebijakan perdagangan kedua pihak.

Indonesia mengharapkan produk-produk pertanian tidak mengalami hambatan di pasar Uni Eropa akibat perkembangan kebijakan lingkungan Uni Eropa.

Selain hubungan bilateral, EVP Dombrovskis menyampaikan apresiasi dan dukungan Uni Eropa atas Presidensi G20 Indonesia. Kerja sama dan kolaborasi negara-negara G20 sangat krusial dalam mengatasi berbagai tantangan ekonomi global saat ini.

Baca juga : Melek Finansial Sejak Dini, CIMB Niaga Hadirkan Beragam Tabungan Anak

Mendag Zulkifli Hasan juga mengundang para pelaku usaha Uni Eropa untuk hadir dalam pameran dagang terbesar di Indonesia. Yakni Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 yang akan berlangsung pada 19-23 Oktober 2022.

Untuk diketahui, perdagangan Indonesia-Uni Eropa Pada periode Januari-Juli 2022, mencapai 18,6 miliar dolar AS atau meningkat 19,75 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada 2021, total perdagangan Indonesia dan Uni Eropa tercatat 29,1 miliar dolar AS, atau naik 24,98 persen dibanding 2020. Nilai tersebut terdiri atas ekspor 18 miliar dolar AS atau naik 37,46 persen dan impor senilai 11,1 miliar dolar AS atau naik 8,95 persen. Indonesia mencatatkan surplus 6,9 miliar dolar AS atau meningkat 137,76 persen.

Komoditas ekspor utama Indonesia ke Uni Eropa antara lain minyak sawit, asam lemak, alas kaki berbahan kulit, alas kaki berbahan tekstil, dan karet alam.

Baca juga : HNW Ajak Pelajar Tiru Daya Juang Pendiri Bangsa

Sementara itu, komoditas impor utama Indonesia dari Uni Eropa antara lain vaksin manusia dan veteriner, obat-obatan, kertas karton daur ulang, susu dan krim, serta peralatan operasi medis. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.