Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Belasungkawa Insiden Kanjuruhan Malang, Gus Halim Ajak Sholat Gaib

Senin, 3 Oktober 2022 13:34 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menjadi Pembina Apel Pagi gabungan seluruh unit kerja Kemendes PDTT di Lapangan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Jakarta, Senin (3/10). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menjadi Pembina Apel Pagi gabungan seluruh unit kerja Kemendes PDTT di Lapangan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Jakarta, Senin (3/10). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan belasungkawa dan duka cita mendalam atas insiden maut di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Insiden pada Sabtu (1/10) lalu yang merenggut 129 nyawa tersebut menjadi perhatian hingga ke berbagai belahan dunia.

Hal itu disampaikan Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar saat menjadi Pembina Apel Pagi gabungan seluruh unit kerja Kemendes PDTT di Lapangan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Jakarta, Senin (3/10).

"Kita turut berduka, karena barusan kita mendapat musibah skala nasional bahkan internasional yang cukup menghebohkan dan cukup memprihatinkan," ungkap Gus Halim.

Baca juga : Rekat Indonesia Minta Tragedi Kanjuruhan Diusut Tuntas

Dia berharap agar kejadian maut yang melibatkan banyak suporter itu tidak kembali terulang pada momen-momen apapun di masa depan.

"Kita berdoa agar kejadian ini tidak terulang lagi di masa-masa akan datang," ujar mantan Ketua DPRD Jawa Timur itu.

Gus Halim juga memaparkan bahwa insiden di Kanjuruhan Malang ini menembus angka sebanyak 448 korban. 302 orang mengalami luka ringan, 21 orang mengalami luka berat dan 125 orang meninggal dunia.

Atas fakta tersebut lanjut Gus Halim, Indonesia berada di urutan kedua setelah Peru dengan 328 korban meninggal dunia.

Baca juga : Pantau Korban Kanjuruhan, Basarah Terbang Ke Malang Hari Ini

Oleh sebab itu, Gus Halim mengajak kepada seluruh peserta apel tersebut untuk dengan khidmat membacakan surat Al-Fatihah kepada seluruh korban jiwa agar meninggal dalam keadaan husnul khatimah.

Serta, seluruh anggota keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan kekuatan batin menghadapi peristiwa buruk itu. Selain itu, juga korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar secepatnya pulih.

"Dengan ini saya mengajak kepada kita semua, untuk membaca surotul Fatihah dan menundukkan kepala sejenak. Memohon kepada Allah tuhan yang Maha Esa agar korban husnul khatimah, yang sakit segera disehatkan, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," ucap menteri kelahiran Jombang, Jawa Timur itu.

Gus Halim lantas menjelaskan bakal melaksanakan sholat zuhur berjamaah dengan jajaran pejabat tinggi madya dan pratama setelah itu akan diteruskan dengan sholat ghaib secara bersama-sama.

Baca juga : Nelayan Kesulitan BBM, Bambang Haryo Prihatin

Oleh sebab itu, kata Gus Halim, pegawai yang tidak berkesibukan agar dapat mengikuti sholat berjamaah tersebut di Masjid Al-Muhajirin lingkungan Kementerian Desa, PDTT.

"Saya bersama pejabat eselon satu dan eselon dua akan bersama-sama melaksanakan sholat zuhur di masjid dilanjutkan dengan sholat ghaib. Bagi yang berkesempatan agar bisa ikut," ungkap mantan Ketua DPRD Jawa Timur itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.