Dark/Light Mode

Titah Presiden, Menteri Basuki Gercep Benahi Fasum dan Fasos Gempa Taput

Jumat, 7 Oktober 2022 16:22 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meninjau penanganan lokasi terdampak gempa di Tapanuli Utara, Jumat (7/10)
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meninjau penanganan lokasi terdampak gempa di Tapanuli Utara, Jumat (7/10)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau penanganan lokasi terdampak gempa di Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara yang terjadi pada Sabtu (1/10) dini hari lalu. 

Basuki mengatakan, kunjungannya merupakan perintah Presiden Joko Widodo untuk melakukan penanganan pascabencana. 

Baca juga : Diresmikan Presiden, Menhub Cek Wajah Baru Ruang VVIP Bandara Halim

"Kementerian PUPR berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Kabupaten untuk melakukan penanganan pascabencana. Seperti perbaiki fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial seperti sekolah, gereja, pasar, mesjid, dan kantor-kantor Pemerintah," kata Basuki, Jumat (7/10).

Menteri dari PDI Perjuangan melihat sejumlah lokasi terdampak bencana bersama Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan.  Kementerian PUPR siap membantu perbaikan untuk fasos/fasum yang rusak terdampak gempa, salah satunya Gedung SMPN 3 Tarutung yang akan direkonstruksi ulang.

Baca juga : Menteri Basuki Ajak Mahasiswa Undana Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

"Tadi saya sudah lihat masjid, gereja, sekolah, jembatan, saluran irigasi, dan tanggul-tanggul sungai yang rusak akan diperbaiki. Insya Allah dalam dua minggu ke depan sudah mulai diperbaiki, karena saya harus memilih penyedia jasa/kontraktornya," janji Basuki.

Khusus untuk perbaikan Jembatan Gantung Lumban Soit yang berada di tepi Jalan Nasional ruas Balige (Tarutung), Menteri Basuki menginstruksikan agar dapat selesai dalam waktu dua bulan. Mengingat fungsi vital jembatan tersebut yang menghubungkan Desa Hutauruk Hasundutan dan Desa Lumban Soit Sipaholon di Kelurahan Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipahalon Kabupaten Tapanuli Utara, yang membentang di atas Sungai Sigeaon. 

Baca juga : Presiden FIFA: Ini Hari Yang Gelap Bagi Insan Sepak Bola, Sungguh Di Luar Pemahaman...

Selain perbaikan fasos dan fasum, Menteri Basuki mengatakan Kementerian PUPR juga akan memberikan bantuan perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan berat akibat gempa. 

"Untuk yang rusak ringan dan sedang nanti akan dibantu oleh BNPB secara keuangan dan fisik. Untuk yang rusak berat akan dikerjakan setelah datanya terverifikasi baik dari segi jumlah dan kategori kerusakan. Saya minta libatkan Kepolisian dan Kejaksaan untuk verifikasi," ujarnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.