Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Pesantrenpreneur, Kemenpora Arahkan Santri Wirausaha

Selasa, 18 Oktober 2022 12:20 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Mental untuk mendiri dan menolong orang adalah jiwa wirausaha yang membutuhkan kemampuan perencanaan dan marketing sebagai ujung tombak kemajuan bisnis. Dengan perencanaan Bisnis Model Canvas (BMC), ada 9 aspek yang harus dipenuhi untuk mencapai target usaha.

Sedangkan marketing adalah penghubung antara perusahaan dengan customer yang merupakan revenue create bagi perusahaan.

Baca juga : Pemilu Pakistan Dimenangkan Mantan PM Imran Khan

Strategi keberhasilan marketing kekinian pun berkembang tidak lagi 6 P tapi menjadi 9P, yaitu personal negosation, product quality and image, pshycologi of price, placement, promotin and media online, persuation and testimoni, penelitian (survey), pelayanan prima dan pemanfaatan teknologi informasi.

Dan, puncak acara adalah workshop pelatihan budidaya ikan KOI yang dibawakan oleh pengurus Kelompok Tani Anggur, yakni Yasin Amali, yang menjelaskan proses budidaya KOI mulai dari pemilihan indukan yang sehat dan gonut, pemijahan (pengawinan), penyediaan kolam dengan ph sesuai dan air mengalir, pemisahan, pemeliharaan hingga pemanenan.

Baca juga : Pemerintah Perkuat Kebijakan Satu Data

Selanjutnya pelatihan budidaya anggur yang dibawakan oleh pengurus Kelompok Tani Anggur yaitu Qolbun Nadzif selain menjelaskan proses budidaya anggur juga mengatakan bahwa anggur selain mudah ditanam juga banyak manfaatnya.

Seperti, mencegah kanker, penuaan dini, menjaga kesehatan otak, membantu diet, dan menjaga kesehatan mata. Diharapkan dengan pelatihan ini mampu menambah skill para peserta yang pemuda santri untuk memulai berwirausaha. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.