Dark/Light Mode

Hari Ini, 26 Vial Obat Langka Gagal Ginjal Fomepizole Diangkut Ke RI

Minggu, 23 Oktober 2022 10:42 WIB
Ilustrasi obat Fomepizole injeksi (Foto: Net)
Ilustrasi obat Fomepizole injeksi (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan, 26 vial obat antidotum (penawar racun) jenis Fomepizole untuk pengobatan gangguan ginjal akut progresif atipikal (atypical progressive acute kidney injury) diangkut ke Tanah Air pada hari ini.

Sebanyak 10 dari 26 vial Fomepizole itu diangkut dari Singapura. Sementara 16 sisanya, dibawa dari Australia.

"Hari ini, di-hand carry, dibawa lewat pesawat, ada orang yang ambil," ujar Menkes kepada wartawan, usai senam bersama dalam rangka Hari Osteoporosis Nasional di Jakarta, Minggu (23/10).

Baca juga : Gangguan Ginjal Akut Mulai Bisa Diatasi

"Obat ini masih langka ya. Saya telepon Menteri Kesehatan Singapura sama Australia, langsung dikasih," imbuhnya.

Dalam konferensi pers pada Jumat (21/10), Menkes mengumumkan bahwa 200 vial obat Fomepizole injeksi didatangkan ke Indonesia, untuk memulihkan kesehatan 69 pasien gangguan ginjal akut progresif atipikal.

Satu vial akan diberikan untuk satu pasien, dengan dosis injeksi 1,5 gram atau 1,5 ml.

Baca juga : Ditemukan Senyawa Kimia Pada 7 Pasien Gagal Ginjal Akut Di RSCM

Fomepizole sudah diuji coba kepada 10 pasien yang sedang dirawat di RS Ciptomangunkusumo Jakarta. Hasilnya, kondisi pasien membaik.

Per Jumat (21/10), total kasus gagal ginjal akut di Indonesia berjumlah 241. Dengan 133 kasus kematian.

Kasus didominasi bayi berusia di bawah lima tahun. Dengan gejala terbanyak berupa oliguria (air kencing sedikit) atau anuria (tidak ada air kencing sama sekali).

Baca juga : Etilen Dan Dietilen Glikol Penyebab Pasien Gagal Ginjal Akut Meninggal

Sebagai langkah kewaspadaan, pemerintah telah melarang seluruh apotek, untuk tidak menjual sirup obat kepada masyarakat. Menyusul ditemukannya senyawa berbahaya etilen glikol dan dietilen glikol, yang dapat memicu gagal ginjal. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.