Dark/Light Mode

Perkuat Kapasitas SDM Aparatur Pengelola

BNPP Gelar Bimtek Penataan Ruang Kawasan Perbatasan

Kamis, 27 Oktober 2022 18:31 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Pada kesempatan tersebut Restuardy juga memaparkan Pokok-pokok Rencana Induk Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan berdasarkan Perpres No. 118 Tahun 2022, dikaitkan dengan kondisi pola ruang dan struktur ruang Kawasan Perbatasan Negara, yang diharapkan dapat juga diuraikan lebih lanjut dalam Bimtek.

Sementara itu, Asisten Deputi Penataan Ruang Kawasan Perbatasan, Muhammad Farid, yang juga sebagai ketua pelaksana menjelaskan, Bimtek digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman aparatur BNPP dan pemerintah daerah kawasan perbatasan terkait Peraturan Presiden (Perpres) tentang Rencana Tata Ruang (RTR) Kawasan Perbatasan (KN).

Baca juga : Fakta Penting Perayaan Bulan Bahasa Dan Sastra

Peserta bimbingan teknis berjumlah 60 peserta yang terdiri atas ASN BNPP dan ASN daerah kawasan perbatasan. Di antaranya dari Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat; Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Selanjutnya dari Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku; Kabupaten Keerom, Papua; Kabupaten Manokwari,Papua Barat; Kabupaten Toli Toli, Sulawesi Tengah, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang, Sulawesi Utara.

Baca juga : Duet Ganjar-Airlangga Bakal Bentuk Pemerintahan Yang Kuat

Narasumber pada kegiatan ini adalah pejabat dari Kementerian ATR/ BPN sebagai tim yang terhimpun dalam Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia dan praktisi dari AIP Indonesia yang akan memberikan materi dalam 5 modul utama.

Modul tersebut yakni Cara membaca Perpres Kawasan Strategis Nasional (KSN) Perbatasan; Integrasi perencanaan pembangunan dan tata ruang pasca UU Cipta Kerja; Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perbatasan; perencanaan dan pembiayaan pemanfaatan ruang kawasan perbatasan; serta Monitoring dan evaluasi pemanfaatan ruang kawasan perbatasan.

Baca juga : Elnusa Tawarkan Jasa Penunjang Migas dan Energi Terintegrasi

Bimtek dilaksanakan bekerjasama dengan Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP). Sebagaimana diketahui IAP adalah wadah pembinaan profesi, komunikasi, penelitian dan pengembangan, konsultasi dan koordinasi antar ahli perencanaan wilayah dan kota, yang juga memberikan sertifikasi profesi bagi perencanaan wilayah dan kota. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.