Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaspol Proyek IKN, Pekan Ini PUPR Teken Kontrak Pembangunan Istana Presiden

Senin, 31 Oktober 2022 16:43 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Dok. PUPR)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Dok. PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penandatanganan kontrak untuk proyek pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dilakukan pada pekan ini. Hal itu disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Senin (31/10).

"Untuk Istana Presiden di IKN baru, mau kontrak pada pekan ini," ujar Basuki.

Baca juga : Kemah Pemuda HSP Di IKN, Kemenpora: Ini Sejarah Bagi Pemuda Indonesia

Dia menerangkan, beberapa proyek pembangunan di IKN Nusantara sedang dimulai, seperti proyek infrastruktur air dan hunian pekerja untuk konstruksi.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menambahkan, jika tidak ada sanggahan dari peserta tender, penandatanganan kontrak untuk proyek pembangunan Istana Negara di IKN akan dilakukan pada pekan ini.

Baca juga : Kejaksaan Agung Pastikan Pantau Pembangunan Proyek IKN Nusantara

"Insya Allah Rabu atau Kamis. Tergantung ada sanggahan atau tidak. Kalau tidak ada sanggahan, insya Allah bisa kami tanda tangan kontraknya pekan ini," ujar Endra.

Menurut dia, penetapan pemenang proyek Istana Negara sudah dilakukan, namun Kementerian PUPR masih menunggu apakah ada sanggahan atau tidak dari peserta tender yang lainnya. Kalau tidak ada, berarti Kementerian PUPR akan melanjutkan proses dengan melakukan penandatangan dengan pemenang proyek, yang kemudian ditindaklanjuti dengan penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Baca juga : Gile, Operasi 23 Lensa Kontak Di Mata Pasien

Dilihat dari laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PT PP menjadi pemenang proyek pembangunan bangunan Gedung Istana Negara dan lapangan upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan, di IKN Nusantara. PT PP terpilih sebagai pemenang dengan nilai penawaran Rp 1,34 triliun dari total nilai pagu proyek tersebut sebesar Rp 1,5 triliun.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.