Dark/Light Mode

Silaturahmi Dengan Jawara Banten

BNPT: Seni Beladiri Pencak Silat Kuatkan Ketahanan Bangsa Dan Cegah Radikalisme

Jumat, 11 November 2022 12:56 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, saat menghadiri acara Milad ke-27 dan Ritual Keceran Pusaka Cimande Banten Indonesia (PCBI) di Kelurahan Cimuncang, Kota Serang, Provinsi Banten. (Foto: Humas BNPT)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, saat menghadiri acara Milad ke-27 dan Ritual Keceran Pusaka Cimande Banten Indonesia (PCBI) di Kelurahan Cimuncang, Kota Serang, Provinsi Banten. (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penguatan akar budaya bangsa dapat menjadi garda terdepan dalam memperkuat ketahanan bangsa dari paparan virus intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Salah satunya, melalui pelestarian seni beladiri pencak silat yang merupakan peninggalan leluhur bangsa Indonesia.

Baca juga : Kolaborasi BNPT Dengan Pesantren Dinilai Tepat Cegah Radikalisme

"Pencak silat merupakan olahraga seni beladiri peninggalan leluhur wajib kita lestarikan sepanjang masa," kata Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, saat menghadiri acara Milad ke-27 dan Ritual Keceran Pusaka Cimande Banten Indonesia (PCBI) di Kelurahan Cimuncang, Kota Serang, Provinsi Banten, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (11/11).

Kepala BNPT yang juga Ketua Dewan Pembina PCBI turut mengajak seluruh perguruan pencak silat untuk mengisi ruang digital dengan pertunjukan silat agar generasi muda Indonesia mengenal dan berminat untuk mempelajari pencak silat.

Baca juga : Joie Signature Parcel Berikan Kenyamanan Traveling Bersama Buah Hati

"Setiap perguruan silat di Banten dapat berikan gerakan-gerakan silat dan sebarluaskan perguruan silat di media sosial sehingga meningkatkan daya minat putra putri dalam membangun ketahanan fisik dan mental pada pencak silat," jelas Boy Rafli, di hadapan para Jawara Banten.

Sementara Ketua Umum PCBI Rambun Sumardi menyatakan siap melestarikan pencak silat, yang merupakan bagian dari menjaga nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.

Baca juga : Luhut Sarankan Tanam Cabe-Bawang Di Rumah

"PBCI menjadi pilar dalam menjaga Tanah Air yang terbaik untuk bangsa dan negara," katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.