Dark/Light Mode

Ini Rekayasa Lalin Terbaru Kalimalang, Imbas Tol Becakayu

Kamis, 1 Agustus 2019 06:03 WIB
Ilustrasi Tol Becakayu di sepanjang Kalimalang (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Tol Becakayu di sepanjang Kalimalang (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polres Bekasi Kota mendadak melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Kalimalang yang terpengaruh proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Tol Becakayu.

 Perubahan skema manajemen lalu lintas ini berlaku hingga ujung Jalan Kalimalang di simpang Bekasi Cyber Park (BCP).

Baca juga : Jokowi Resmi Memilih Kalimantan Jadi Lokasi Ibu Kota Baru

"Perubahan ini atas diskresi kepolisian," kata Kepala Bidang Teknik Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi Johan Budi Gunawan, Rabu (31/7).

Dalam rencana semula yang telah disosialisasikan kepada pengguna jalan sejak sepekan terakhir, pengguna jalan dari Jalan Hasibuan atau Bani Saleh, dialihkan menuju ke Jalan Letjen Sarbini di sisi utara Mega Bekasi Hypermall. Kemudian masuk ke Jalan Ahmad Yani, lalu berputar di kolong tol, dan masuk ke Jalan Kalimalang utara Metropolitan Mal.

Baca juga : Las Vegas Diserbu Belalang, Orang Amerika Bicara Kiamat

Alternatif kedua, tanpa berputar, atau langsung masuk ke Jalan Kalimalang sisi utara Metropolitan Mal. Menerobos median jalan yang telah disodet. Ini akan menjadi jalur permanen setelah ada pembangunan fly over dan jembatan baru di atas siltrap Kalimalang, yang dibangun PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) sebagai kompensasi pembangunan Tol Becakayu.

Namun, terhitung Jumat (1/8) pukul 13.00 WIB, ada perubahan skema. Akses ke Jakarta tetap melintas sampai ke simpang BCP, lalu berputar di kolong tol. Adapun Jalan Hasibuan mulai bendungan Bekasi, dibuat satu arah hanya menuju ke Jakarta.

Baca juga : Inilah Daftar Pemain Terbaik Afrika Sepanjang Masa

Rekayasa lalu lintas imbas proyek Tol Becakayu ini juga berlaku bagi kendaraan dari Jakarta. Dari simpang BCP diberikan tiga pilihan. Berputar di kolong fly over Summarecon via Jalan Juanda, kemudian lewat sisi utara Mega Bekasi Hyper Mal, dan via Jalan Cut Mutia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.