Dark/Light Mode

Silaturahmi Ke Kantor Prabowo

Menhan Amerika: Kami Bangga Kerja Bareng RI

Selasa, 22 November 2022 07:55 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) bersama Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III memeriksa pasukan sebelum melakukan pertemuan di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (21/11/2022). (Foto: Antara/Athaya/Adm/aww)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) bersama Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III memeriksa pasukan sebelum melakukan pertemuan di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (21/11/2022). (Foto: Antara/Athaya/Adm/aww)

 Sebelumnya 
“Hubungan kedua negara ini sudab berlangsung lama sekali. Sudah berpuluh tahun dan be­rada dalam kondisi sangat baik,” ucap Prabowo.

Silaturahmi Austin juga bukan kali pertama dilakukan. Pria kulit hitam ini sudah keempat kalinya dalam dua tahun terakhir mengunjungi Indonesia.

Prabowo menyebutkan, terdapat program bersama yang perlu diselesaikan, khususnya terkait prisoner of war (POW) dan missing in action (MIA) recovery yang ada wilayah Indonesia.

Baca juga : Imin: Kami Sama-sama Ingin Jadi Calon Presiden

“Dalam pertemuan ini kami berjanji mempercepat (POW dan MIA), dan kami ingin mem­bantu mereka membawa kem­bali pahlawan mereka yang gu­gur,” ucap Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Austin juga mengungkapkan rasa puasnya bisa bekerja sama dengan Indonesia. Kedua negara memiliki hubungan harmonis.

Menurutnya, hubungan persa­habatan antara AS dan Indonesia dalam bidang pertahanan yang telah berlangsung 70 tahun ini, terus tumbuh.

Baca juga : Terima Bos Pentagon Di Kemhan, Prabowo Bahas Kerja Sama Pertahanan RI-AS

Lebih jauh, Austin menilai Indonesia telah menunjukkan ke­mampuannya mempertahankan kedaulatan dan keamanan ka­wasan Indo-Pasifik.

“Amerika Serikat bangga bekerja sama dengan Anda (Indonesia), untuk memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ungkap Austin.

Austin juga akan memper­dalam lagi Kemitraan antara AS dan Indonesia. Investasi di bidang pendidikan sangat penting, karena akan memberi dampak yang sangat positif untuk generasi yang akan datang.

Baca juga : Ganjar Pranowo Nggak Bakal Keluar Kandang Banteng

“Dalam pertemuan ini, kami membahas upaya untuk mem­perdalam kemitraan. Termasuk memperluas interoperabilitas dan meningkatkan investasi di bidang pendidikan,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.