Dark/Light Mode

Webinar Literasi Digital Kominfo

Gandeng Influencer Tingkatkan Penjualan

Selasa, 22 November 2022 17:39 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali gelar webinar literasi digital di wilayah Sumatera. Di hadapan 1.300 peserta, tiga narasumber membagikan tips meningkatkan penjualan produk lewat media sosial.

Lusi Ayu Daningsih, selaku Duta Kampus Universitas Putra Indonesia Cianjur (UNPI) Cianjur sekaligus praktisi literasi digital menjelaskan, peningkatan penjualan produk bisa dilakukan dengan menggandeng influencer.

"Influencer marketing adalah orang yang mempunyai follower dan mampu mempengaruhi followernya, sehingga tertarik dengan apa yang dimiliki, digunakan oleh influencer tersebut," kata Lusi dalam webinar bertema Tips Digital: Pemasaran Berbasis Influencer yag digelar Senin, (21/11).

Baca juga : Kemenkominfo-Kemendagri Kuatkan Pemahaman Literasi Digital Dengan Sikuat

Ia menambahkan, asa tiga tips sederhana yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk dengan menggandeng influencer. Pertama, memilih influencer yang sesuai dengan brand value atau citra usaha yang dimiliki.

"Kedua, pilih influencer yang memiliki kredibilitas yang sesuai dengan produk Anda. Terakhir, pilih influencer yang memiliki engagement rate dan follower yang baik," papar Lusi Ayu.

Sementara Denisa Nur selaku Head of RnD Urban Sakola yang turut menjadi narasumber menjelaskan, ada perspektif etis digital yang perlu diperhatikan dalam menggandeng influencer.

Baca juga : Ini Tips Hasilkan Cuan Dari Hobi

Di antaranya, memilih influencer yang memiliki tata bahasa yang baik. Kemudian, pilih influencer yang memiliki track record yang baik kepada brand dan audiensnya.

"Terakhir, brief semua informasi kepada influencer secara jujur dan pastikan influencer menyampaikan dengan jujur juga," ujar Denisa Nur.

Materi terakhir, disampaikan Aji Kresno selaku Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta.

Baca juga : Jual Produk Serupa Tapi Tak Sama

Aji menjelaskan perihal keamanan dalam menjalankan bisnis dengam influencer. Pertama, selalu membuat perjanjian secara baik dengan influencer dan dibuat secara tertulis.

"Kedua, pastikan influencer yang dipilih merupakan influencer yang terverifikasi. Terakhir, pastikan follower yang dimiliki influencer merupakan akun asli bukan akun robot," pungkas Aji Kresno.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.