Dark/Light Mode

Pastikan Kondisi Pasca Gempa Banten

Pagi Ini, Kepala BNPB Doni Monardo Sudah di Pandeglang

Sabtu, 3 Agustus 2019 08:00 WIB
Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo (Foto: Istimewa)
Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo sudah tiba di Pandeglang, Banten, Sabtu (3/8) pagi ini.  Doni hendak meninjau situasi dan kondisi di wilayah tersebut, pasca gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) (di-update menjadi 6,9 SR, red) yang mengguncang Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (2/8) malam.

Baca juga : Pasca Gempa Banten, MRT Sudah Kembali Beroperasi Normal

"Semestinya, Sabtu (3/8) subuh ini, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bertolak ke Palangkaraya dan Pontianak untuk meninjau kegiatan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan. Namun, beliau menunda dan memutuskan untuk berada di Banten terkait dengan gempa yang terjadi semalam," ungkap Staf Khusus Kepala BNPB, Egy Massadiah kepada wartawan.

Baca juga : Pasca Gempa 7,4 SR Banten, Wilayah Ini Berpotensi Tsunami

Doni ingin memastikan secara langsung dampak gempa semalam, dan semua pelayanan publik terlayani. "Saya ingin memastikan bahwa semua dukungan untuk masyarakat, baik yang terdampak langsung atau tidak, semua berjalan dengan baik," demikian kata mantan Danjen Kopassus itu, sebagaimana disampaikan Egy Massadiah.

Baca juga : Kemendagri Tolak IzinTujuh Kepala Daerah

Sesaat setelah gempa semalam, Presiden Jokowi langsung memerintahkan BNPB, TNI, Polri, dan Menteri Sosial untuk bertindak cepat. "Apabila ada yang memang harus disikapi, kita bergerak," ujar Jokowi di sela-sela menyaksikan pertunjukan Wayang Kulit di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (2/8) malam. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.