Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Basuki Janji Mudahkan Izin Ke Investor Jepang Bangun IKN

Selasa, 29 November 2022 16:54 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan sejumlah Delegasi Jepang  bahas pembangunan IKN pada Selasa (29/11/).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan sejumlah Delegasi Jepang bahas pembangunan IKN pada Selasa (29/11/).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan sejumlah Delegasi Jepang yang dipimpin oleh Penasehat Utama Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroto Izumi. 

Pertemuan ini membahas tindak lanjut penguatan kerja sama Pemerintah Indonesia dan Jepang dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. 

Menteri dari PDI Perjuangan ini mengatakan, kerja sama dengan Jepang dalam pembangunan IKN telah dimulai dengan dikirimkannya beberapa tenaga ahli, terutama untuk supervisi pembangunan infrastruktur IKN yang sedang berlangsung. 

Baca juga : Mendag Zulhas: ICMI Lahirkan Para Cendekiawan, Cahaya Penerang Bagi Bangsa Dan Negara

"Kementerian PUPR sudah memulai pembangunan infrastruktur dasar di IKN, di antaranya pembangunan jalan tol dan jalan nasional, penyediaan air baku, sanitasi, rumah untuk pekerja konstruksi IKN, serta penyiapan lahan siap bangun (land development) untuk kantor pemerintahan dan Istana Presiden berikut Wakil Presiden," kata Basuki pada Selasa (29/11) .

Terkait dengan partisipasi investor, Menteri dua periode ini menegaskan, bahwa sesuai arahan Presiden Jokowi untuk mempercepat pembangunan IKN, investor asing juga dapat terlibat misalnya untuk membangun rumah sakit, sekolah, pasar, dan infrastruktur lainnya.

"Direncanakan pada kuartal ke 3 tahun 2023 Presiden akan bertemu dengan para investor IKN yang berminat dan menentukan ikut pembangunan pada bagian apa di IKN secara detail," katanya. 

Baca juga : Wahdi Center Salurkan Bantuan Kepada Korban Gempa Cianjur

Dikatakan Basuki, pembangunan IKN tidak hanya sekedar memindahkan kantor-kantor Pemerintah, tetapi juga untuk merubah cara kerja dalam mempermudah kegiatan. 

"Para investor tidak perlu ragu dalam memperoleh izin untuk pembangunan di IKN. Saya lihat perwakilan perusahaan yang hadir pada siang ini sudah sangat relevan dengan pembangunan IKN," ujarnya.

Penasehat Utama Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroto Izumi mengatakan, pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 12 perusahaan besar di Jepang yang bergerak dalam pembangunan infrastruktur dengan spesialisasinya masing-masing. 

Baca juga : Menteri Basuki Bocorkan Strategi Pembangunan Mitigasi Banjir IKN

"Pemindahan IKN di Indonesia merupakan topik yang hangat bagi Jepang. Kami menantikan tindak lanjut dari pertemuan hari ini," kata  Izumi. 

Menutup pertemuan tersebut, Menteri berambut putih ini meminta dukungan delegasi Jepang yang hadir terkait pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan pada Mei 2024 di Bali.

"Kami mengajak semua yang hadir untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan WWF mendatang, mengingat Jepang, telah berpengalaman menjadi tuan rumah WWF pada tahun 2003 di Kyoto," tutup Basuki.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.