Dark/Light Mode

Jokowi Ke Menhub: Hati-hati Berikan Slot Penerbangan

Senin, 26 Desember 2022 23:55 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara)
Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk berhati-hati dalam memberikan slot penerbangan ke maskapai luar negeri dan dalam negeri meskipun tingkat permintaan melonjak 84 persen.

“Ada permintaan sebanyak 166 slot, atau perkembangan 84 persen. Namun demikian Presiden arahkan bahwa sekalipun permintaan begitu banyak, lakukan dengan hati-hati,” kata Menhub dikutip dari Antara, Senin (26/12).

Jokowi meminta Menhub untuk melihat produktivitas yang dapat dihasilkan oleh setiap penambahan slot penerbangan. Kalau tidak efisien, jangan terlalu diberikan kesempatan.

Baca juga : Diresmikan Jokowi, Manggarai Jadi Stasiun Sentral

Di samping itu, kata Menhub, Kementerian Perhubungan juga perlu membenahi sejumlah bandara jika ingin menambah slot penerbangan. Budi mencontohkan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, perlu ada perbaikan agar tidak ada lagi keterlambatan penerbangan, peningkatan kapasitas penumpang, dan lainnya.

“Kami akan koordinasi lebih lanjut arahan bapak Presiden. Oleh karena itu kesimpulan kami tadi dalam pengarahan Presiden dalam masa transisi pandemi ke endemi ini kita harus lakukan dengan baik bahwa layanan kita lakukan di bandara-bandara internasional harus dengan baik,” kata Menhub.

Permintaan slot tambahan banyak dari maskapai asal Qatar, Turki, Filipina dan lainnya untuk penerbangan mancanegara. “Dari luar negeri, itu minta pertambahan juga adalah Singapore Airlines,” kata dia.

Baca juga : Gerakan Rakyat Desa Pendukung Ganjar Di Banten Bagikan Sembako Untuk Pedagang Pasar

Sedangkan permintaan slot penerbangan di dalam negeri datang dari Air Asia dan lainnya.

Pemulihan Penerbangan

Sementara itu, Kementerian Perhubungan juga mencatat tingkat pemulihan penerbangan domestik pada 2022 sudah mencapai 71 persen, bahkan di Bandara Soekarno Hatta sudah 90 persen.

Baca juga : Saatnya Bersihkan Duri Dalam Kabinet

“Kita bandingkan antara penerbangan saat ini dengan 2019, pada dasarnya penerbangan dalam negeri sudah mencapai recovery sebanyak 71 persen. Ini suatu jumlah yang lumayan baik bahkan pada Bandara Soekarno Hatta sudah mencapai 90 persen,” kata Menhub.

Sementara untuk tingkat pemulihan penerbangan mancanegara pada 2022, kata Budi, mencapai 33 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.