Dark/Light Mode

Wapres Pastikan, 4 DOB Papua Bisa Ikut Pemilu dan PON

Jumat, 27 Januari 2023 13:43 WIB
Wakil Presiden Ma`ruf Amin (Foto: Setwapres)
Wakil Presiden Ma`ruf Amin (Foto: Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin memastikan, penyelenggaraan Pemilu 2024 di empat Daerah Otonom Baru (DOB) Papua sudah disiapkan. Dengan demikian, empat DOB itu bisa mengikuti pilpres dan pemilu legislatif.

"Ya, saya kira di Papua sudah dibuat semua aturannya sebagai daerah otonom baru. Itu kan Papua sekarang menjadi enam provinsi, empat di Papua, yang dua di Papua Barat; jadi enam. Semuanya sudah disiapkan," kata Kiai Ma'ruf, di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Jumat (27/1), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Cawapres Favorit Musra, Moeldoko Patut Jadi Pilihan Parpol

Wapres menambahkan, KPU juga telah menyiapkan agar keempat DOB Papua itu bisa mengikuti pemilu presiden maupun pemilu legislatif. "KPU sudah menyiapkan supaya mereka bisa ikut dalam pemilu, bisa ikut pilpres, bisa ikut mencalonkan untuk legislatif DPR maupun DPD, dan yang (lainnya) berkaitan dengan pemilu," tambahnya.

Selain menyiapkan tentang Pemilu, kata Ma'ruf, Pemerintah juga telah menyiapkan keikutsertaan empat DOB Papua tersebut dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh dan Sumatera Utara. Keputusan itu diambil dalam Rapat Kabinet.

Baca juga : Buwas Pastikan Semua Beras Impor Masuk Sebelum Panen Raya

"Untuk PON yang di Aceh dan Sumatera Utara, DOB juga diikutsertakan sebagai provinsi baru. Walaupun misalnya belum ada atletnya atau hanya benderanya atau beberapa cabang olahraga, karena dia sudah menjadi daerah otonom," ujar Wapres.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.