Dark/Light Mode

Perkuat Ekosistem Ekonomi Haji, Ditjen PHU Kemenag Dan KJRI Jeddah Gelar Indonesian Hajj Expo 2022

Jumat, 3 Februari 2023 07:50 WIB
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, saat acara Indonesian Hajj Expo 2023, di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (3/2/2023). (Foto: Humas Kemenag)
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, saat acara Indonesian Hajj Expo 2023, di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (3/2/2023). (Foto: Humas Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah menggelar Indonesian Hajj Expo 2023.

“Salah satu tujuannya, agar produk-produk Indonesia se­makin banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah,” ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief di Jeddah, Arab Saudi, kemarin.

Acara yang digelar 1-2 Februari di Balai Nusantara Jeddah ini diikuti para pelaku usaha. Terdiri, para calon penyedia layanan katering jemaah haji Indonesia, para importir dan pemasok produk-produk Indonesia, serta pengusaha UKM Indonesia.

Baca juga : Kelima Kali, Kementerian Investasi Hadirkan Paviliun Indonesia Di WEF 2023

Hilman mengatakan, dimensi dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah tidak hanya per­soalan ibadah. Penyelenggaraan haji dan umrah juga mengandung unsur perniagaan.

“Jika ini dapat dikeloladan dikembangkan dengan baik, akan memberikan manfaat secara eko­nomi bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya. Termasuk masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Ke depan, kata dia, Arab Saudi sebagai negara tempat pelak­sanaan ibadah haji dan umrah dan Indonesia sebagai pengirim jemaah terbanyak sedunia, perlu terus meningkatkan kerja sama jangka pendek, menengah, mau­pun jangka panjang.

Baca juga : Pesan Natal Menteri Siti : Kita Bangkit Dan Berkarya Untuk Indonesia Maju

“Sinergi ini perlu terus dimak­simalkan untuk saling memberi­kan manfaat ekonomi bagi kedua negara,” harapnya.

Ada banyak produk Indonesia yang dihadirkan dalam Indonesian Hajj Expo 2023. Antara lain kopi, teh, kecap saos sambal, pudding, jamur kemasan kaleng, beragam produk mie, santan bubuk dan tepung krispi.

Kemudian, gula merah, ke­miri, margarin, beras, bubur kacang hijau atau ketan hitam, sambel terasi, ikan tuna kaleng dan aneka kebutuhan ikan beku.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.