Dark/Light Mode

Sama-sama Kanal Aduan, Ini Beda Nasib Aplikasi JAKI dan Lapor Gub

Rabu, 8 Februari 2023 11:08 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Penghargaan itu diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).ewat aplikasi Lapor Gub, Ganjar menyelesaikan beberapa persoalan di Jawa Tengah.

Salah satu contohnya, beredar sebuah video viral di TikTok beberapa waktu lalu. Video yang diunggah akun @ululhikmah01 itu berisi aksi karyawan saling adu argumen dengan sang bos.

"Diduga, karyawan wanita PT Sai Apparel Industries ini, menuntut haknya karena sudah bekerja lembur. Diketahui, PT Sai Apparel Industries letaknya berada di Desa Harjowinangun, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah," demikian sebuah narasi yang masuk ke laman Lapor Gub, 3 Februari 2023.

Permasalahan itu pun sudah selesai ditangani melalui laman Lapor Gub. Mulanya laporan itu direspons oleh admin Gubernuran pada Jumat (3/2) pada pukul 8.56 WIB. Laporan itu pun kemudian diteruskan ke Kabupaten Grobogan.

Baca juga : Sikat Mafia Tanah, Menteri Hadi Banyak Tuai Apresiasi Warganet

Sekitar satu jam kemudian, sekitar pukul 9.41 WIB laporan langsung diterima oleh Kabupaten Grobogan dan diteruskan ke Disnakertrans Kab. Grobogan.

Kemudian pada 6 Februari 2023, memberikan hasil penyelidikan dinas terkait atas kasus tersebut.

"Izin menjawab adanya video yang viral di media sosial. Terkait dengan informasi tersebut, pihak Disnakertrans Kabupaten Grobogan, bidang Pengawasan Disnakertrans Prov. Jateng, pegawai satwasker wilayah semarang serta pihak kepolisian telah berkunjung untuk meminta klarifikasi kepada manajemen perusahaan dan pihak serikat yang ada di PT Sai Apparel pada Jumat 3 Februari 2023," tulis Kabupaten Grobogan di laman Lapor Gub.

Adapun hasil dari kegiatan tersebut yakni pertama berkaitan dengan kekerasan verbal, terdapat miskomunikasi antara TKA dengan pekerja, TKA tersebut sudah melakukan permohonan maaf dan akan dipanggil oleh pihak kepolisian.

Baca juga : Bane Raja Manalu: Meski Berbeda Suku, Agama dan Ras, Hidup Harus Rukun

Kedua, dilakukan pengambilan keterangan terhadap pihak pengusaha, 2 (dua) serikat pekerja dan beberapa pekerja.

Ketiga, dilakukan pengecekan dokumen dan bukti pendukung lainnya oleh pengawas ketenagakerjaan provinsi jateng ditemukan adanya pelanggaran pembayaran upah lembur.

"Untuk itu akan dilakukan penghitungan kelebihan jam kerja dan perhitungan upah lembur kembali. Kekurangan pembayaran upah lembur akan segera dibayarkan," jelas Kabupaten Grobogan.

Pengaduan yang masuk laman Lapor Gub itu juga menyelesaikan persoalan kerusakan jalan di Karanganyar pada 4 Februari 2023.

Baca juga : Majukan Industri Keuangan, LPS Beri Apresiasi Kepada Industri Perbankan

"Saya mau melaporkan jalan di ruas Kartasura (Sukoharjo)-Colomadu (Karanganyar) tepatnya di Jalan Adi Sumarmo itu banyak lubang dan membahayakan pengendara terutama sepeda motor. Karena sudah banyak pengendara sepeda motor yang kecelakaan di ruas jalan tersebut pak," keluh seorang warga.

"Sebenarnya beberapa kali ada perbaikan jalan berupa penambalan jalan, tapi jika hanya penambalan itu apabila hujan aspal yang ditambal akan terkelupas kembali Saya harap laporan ini bisa ditindak lanjuti nggih pak maturnuwun Contohnya seperti video berikut," imbuh warga tersebut.

Persoalan itu pun kemudian mendapat respons dari laman Lapor Gub. Dua hari kemudian pada Senin (6/2) pukul 15.30 WIB persoalan jalan rusak itu dibereskan dinas terkait. Hanya dua hari setelah masalah masuk ke laman Lapor Gub, persoalan itu pun dibereskan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.