Dark/Light Mode

Evakuasi Sudan

Menlu: 1 Bus Kecelakaan, 3 WNI Terluka

Rabu, 26 April 2023 23:00 WIB
Evakuasi Sudan Menlu: 1 Bus Kecelakaan, 3 WNI Terluka

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menginformasikan, 1 dari 7 bus yang membawa rombongan evakuasi Sudan tahap kedua, mengalami kecelakaan di dekat Kota Atbar.

Kecelakaan tunggal ini terjadi karena kondisi jalan rusak berat, dan pengemudi mengalami kelelahan.

"Kecelakaan ini menyebabkan 3 WNI mengalami luka-luka. WNI tersebut telah dibawa ke rumah sakit di kota Port Sudan dengan ambulans, dan dirawat di sana," tutur Retno.

Baca juga : Menlu: Tahap I Angkut 569 WNI, Tahap II 328 WNI dan 7 WNA

"Saya terus memantau dari dekat, mengenai penanganan rumah sakit di Port Sudan. Kita doakan, 3 WNI tersebut dapat segera pulih dan melanjutkan perjalanan evakuasi," imbuhnya.

Saat ini, total WNI yang telah dievakuasi dari Khartoum, Sudan berjumlah 897 orang. Rinciannya, 569 orang pada tahap I dan 328 orang pada tahap II. 

"Data awal yang saya sampaikan, total WNI yang tercatat di KBRI berjumlah 1.029. Namun, setelah dilakukan pemutakhiran data, total WNI yang dapat dikontak dan tercatat jumlahnya adalah 937 WNI. Dengan rincian, total yang sudah dievakuasi baik tahap I maupun tahap II, berjumlah 897," beber Retno.

Baca juga : Tinjau Bakauheni, Menhub: Volume Kendaraan Terus Dikendalikan

Dari total 897 orang, sebanyak 557 di antaranya sudah tiba di Jeddah. Selain itu, juga ada 15 WNI yang telah melakukan evakuasi secara mandiri.

Sebanyak 25 WNI menyatakan tidak ikut evakuasi, karena alasan keluarga. Sedangkan WNI lain, sudah tidak berada di Sudan karena sudah kembali ke Indonesia, sedang pulang mudik, atau sedang menjalankan umroh di Arab Saudi.

Setiba di Jeddah, para WNI ini akan beristirahat dan akan dipulangkan secara bertahap ke Indonesia.

Baca juga : Tekan Kecelakaan, BKI Berangkatkan 177 Pemudik

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada otoritas dan pihak-pihak yang ada di Sudan, yang telah membantu kelancaran proses evakuasi via darat dari kota Khartoum ke Kota Port Sudan," ucap Retno.

"Saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi, yang telah memfasilitasi jalur transportasi laut dari Kota Port Sudan menuju Jeddah," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.