Dark/Light Mode

Ajang O2SN

Mendikbud Mau Guyur Insentif Buat Para Juara

Sabtu, 31 Agustus 2019 14:28 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemendikbud).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemendikbud).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy  memberikan apresiasi kepada siswa pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Muhadjir ingin memberikan kesempatan kepada mereka untuk ikut pertandingan skala yang lebih tinggi. 

 "Saya meminta kepada kepala dinas dan kepala sekolah agar menyiapkan anak yang berprestasi di O2SN agar bisa berprestasi di jenjang internasional,” pinta  Menteri Muhadjir di Semarang Jawa Tengah, Kamis (30/8). 

Baca juga : Agustusan Menanti Pidato Pak Harto

Selain itu, Muhadjir menyampaikan pihaknya akan memberikan intensif pembinaan. Insentif diberikan sebagai upaya  menyiapkan mereka bisa berprestasi di tingkat internasional. 

“Kita akan berikan  talent scouting untuk menyiapkan para siswa berprestasi ini untuk kompetisi yang lebih lanjut, terutama di event internasional,” ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud) Didik Suhardi memberikan dukungan moral kepada para peserta yang belum mendapatkan gelar juara.

Baca juga : Misi Messi Demi Argentina Juara

  “Bagi yang belum juara, jangan menyerah, masih akan mendapat kesempatan, untuk mengikuti di tahun mendatang karena O2SN diselenggarakan tiap tahun,” ujarnya. 

O2SN tahun ini  merupakan penyelenggaraan yang  ke-12. Ajang ini diikuti 1.938 peserta  dengan sembilan cabang yang dilombakan. Yakni,  pertandingan renang, atletik, bulu tangkis, senam, pencak silat, karate, bocce, balap kursi roda, dan catur.

Pada tahun ini, Jawa Timur kembali menggondol predikat juara umum . Sebelumnya, prestasi yang sama diraih pada tahun 2017.

Baca juga : Jelang Lebaran 2019, Menhub Himbau Keselamatan untuk Para Pemudik

Pada ajang O2SN tahun ini Jawa Timur berhasil membawa pulang sebanyak 49 medali dengan rincian 27 emas, 11 perak, dan 11 perunggu. 

O2SN merupakan kompetisi tahunan di bidang olahraga bagi para siswa, mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Pendidikan Khusus. O2SN tahun 2019 mengangkat tema "Generasi Sehat dan Generasi Tangguh".

Melalui tema ini diharapkan O2SN dapat menjadi media untuk mengkampanyekan hidup sehat bagi seluruh pelajar Indonesia. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.