Dark/Light Mode

Pemerintah Fasilitasi 242 Jemaah Sakit Jalankan Safari Wukuf

Kamis, 29 Juni 2023 12:18 WIB
Jemaah haji yang difasilitasi safari wukuf didampingi oleh dokter, perawat, tenaga pendukung kesehatan di dalam bus. (Foto: Dok. Kemenkes)
Jemaah haji yang difasilitasi safari wukuf didampingi oleh dokter, perawat, tenaga pendukung kesehatan di dalam bus. (Foto: Dok. Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah 242 jemaah haji sakit melaksanakan wukuf di Arafah menggunakan layanan safari wukuf KKHI Makkah tahun ini.

Rombongan safari wukuf diberangkatkan dari KKHI Makkah pada pagi 9 Zulhijah atau 27 Juni 2023.

Baca juga : Kemlu Fasilitasi Pemulangan 9 WNI Korban TPPO Di Myanmar

“Tahun ini kami akan memberangkatkan 242 jemaah haji sakit melalui layanan safari wukuf,” ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Liliek Marhaendro Susilo.

Liliek mengatakan, Safari wukuf diutamakan untuk pasien yang dirawat di KKHI Makkah, jemaah risiko tinggi (Risti) yang terjaring dari poli Risti, jemaah yang diusulkan oleh kloter yang diseleksi melalui poli safari wukuf, dan juga berasal dari jemaah yang baru pulang dari Rumah Sakit Arab Saudi menjelang kepergian ke Arafah.

Baca juga : Satgas Covid Dibubarin

Tahun ini safari wukuf difasilitasi dengan 15 bus yaitu 6 bus untuk pasien baring dan 9 bus untuk pasien duduk. Kapasitas bus untuk pasien baring bisa menampung 8 jemaah di satu bus.

Kapasitas bus untuk pasien duduk bisa menampung sekitar 25 orang dalam satu bus. Jemaah haji yang difasilitasi safari wukuf didampingi oleh dokter, perawat, tenaga pendukung kesehatan bidang pelayanan orang sakit, dan tim bimbingan ibadah.

Baca juga : Pertamina Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan

Lebih lanjut Liliek mengatakan, sehari sebelum pelaksanaan safari wukuf, jemaah haji peserta safari wukuf mulai masuk KKHI Makkah.

"Keesokan harinya para jemaah haji tersebut akan dibantu mandi dan dipakaikan ihram. Rombongan safari wukuf diberangkatkan dari KKHI Makkah pada pagi hari 9 Zulhijah atau 27 Juni 2023 pagi pukul 10.00 WAS," ujar Liliek.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.