Dark/Light Mode

Sukses Kembalikan Kerugian Negara, Jokowi Acungkan Jempol Untuk Kejaksaan

Sabtu, 22 Juli 2023 14:36 WIB
Presiden Jokowi dalam Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63, di Badiklat Kejaksaan Agung, di Jakarta, Sabtu (22/7). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi dalam Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63, di Badiklat Kejaksaan Agung, di Jakarta, Sabtu (22/7). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengapresiasi langkah Kejaksaan, dalam pengembalian kerugian negara yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Terlebih, saat ini, tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan mencatat angka tertinggi dalam sembilan tahun terakhir: 8,51 persen.

Baca juga : Luhut Mau Datangkan Sapi Dan Kedelai Afsel

"Saya mengapresiasi langkah Kejaksaan, dalam pengembalian kerugian negara yang cukup signifikan, dalam beberapa tahun terakhir ini. Saya mengapresiasi kerja keras dan kinerja Kejaksaan ini," kata Jokowi dalam Upacara Peringatan ke-63 Hari Bhakti Adhyaksa di Badiklat Kejaksaan Agung, Jakarta, Sabtu (22/7).

"Saya berharap, Kejaksaan bisa terus meningkatkan kinerjanya, dan mampu memperoleh kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi," imbuhnya. 

Baca juga : Seleksi Timnas U-17 Di 10 Kota, Jokowi Jempolin Erick Dan PSSI

Jokowi menilai, jaksa memiliki peran penting sebagai pengacara negara, untuk melindungi kepentingan negara, mencegah penyalahgunaan keuangan negara, dan mempertahankan dan mengembalikan aset negara. Termasuk, menyelesaikan sengketa tanah negara dan sengketa perdagangan internasional.

Kepercayaan publik yang tinggi, menjadi modal penting untuk melakukan transformasi, dan menggerakkan reformasi Kejaksaan di semua aspek dan di semua tingkatan.

Baca juga : Prabowo-Jokowi Makin Mesra

"Tingkatkan kualitas SDM melalui perekrutan jaksa yang selektif, melalui pelatihan yang intensif. Tingkatkan standar etika, profesionalisme, dan integritas jaksa. Tingkatkan terus efektivitas kerja, optimalkan pemanfaatan teknologi informasi. Permudah akses masyarakat pada pelayanan hukum, tingkatkan keterbukaan informasi, serta responsif menangani laporan-laporan masyarakat," tutur Jokowi mewanti-wanti. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.