Dark/Light Mode

Hadirkan Uji Konversi Motor Listrik Keliling

Pemerintah Jemput Bola

Minggu, 30 Juli 2023 07:45 WIB
Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi. (Foto: setkab.go.id)
Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi. (Foto: setkab.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Minimnya peminat konversi sepeda motor listrik membuat Pemerintah putar otak. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghadirkan layanan pengujian motor listrik konversi keliling di masyarakat.

Layanan ini dilakukan me­lalui mobil alat uji non statis yang dapat berpindah-pindah tempat, sebagai upaya mendu­kung program konversi motor listrik.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini Kemenhub me­miliki satu pusat pengujian konversi motor listrik di Bekasi dan 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

Baca juga : Hadi Tjahjanto Serahkan 303 Sertipikat Aset Pemerintah Se Provinsi Banten

“Nantinya, pihak swasta, Badan Layanan Umum (BLU), dan bengkel konversi yang su­dah terakreditasi A juga dapat melakukan pengujian,” kata BKS, sapaan akrab Budi Karya, dalam keterangan resminya, kemarin.

Menhub memastikan layanan pengujian keliling akan dilakukan di area terbuka di bidang datar dengan perkerasan yang cukup seluas kurang lebih 200 meter.

“Layanan pengujian ini meru­pakan bagian tanggung jawab Kemenhub untuk memastikan kendaraan yang akan diopera­sikan laik jalan dan memenuhi persyaratan teknis, khususnya terkait aspek keselamatan,” ungkap dia.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Makeup Artist Bareng Perempuan Milenial

Eks Direktur Utama (Dirut) Angkasa Pura ll menjelaskan, pengujian motor listrik konversi ini mencakup pengujian lampu utama, klakson, rem, bobot kendaraan, pemeriksaan kon­struksi, pengujian speedometer, dan keselamatan fungsional.

Selain itu, ada juga pengu­jian terhadap sengatan listrik perlindungan kontak langsung, perlindungan kontak tidak lang­sung, hambatan isolasi, dan perlindungan terhadap air.

Layanan pengujian motor lis­trik konversi keliling ini diharap­kan dapat membantu mencapai target motor listrik konversi sebanyak 50 ribu unit di tahun ini dan 150 ribu unit di tahun 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.