Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

PUPR Tebar Subsidi Rumah Untuk Rakyat Kalimantan Selatan

Rabu, 2 Agustus 2023 17:15 WIB
Bantuan pembangunan PSU berupa akses jalan lingkungan untuk rumah subsidi masyarakat.
Bantuan pembangunan PSU berupa akses jalan lingkungan untuk rumah subsidi masyarakat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah gencar memberikan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) rumah subsidi untuk masyarakat.

Bantuan PSU berupa akses jalan lingkungan tersebut diharapkan dapat mendorong semangat pengembang untuk membangun rumah bersubsidi yang berkualitas serta menunjang aktifitas bagi masyarakat berpenghasilan rendah agar memiliki hunian layak. 

Baca juga : Dubes RI Untuk China Dapat Ucapan Selamat Ultah Dari Raja Dangdut

"Sebanyak 15 perumahan bersubsidi yang tersebar di tujuh Kabupaten / Kota di Provinsi Kalimantan Selatan telah mendapatkan bantuan PSU. Kami ingin rumah bersubsidi masyarakat tidak hanya memiliki kualitas bangunan yang baik, tapi juga lingkungan tempat tinggal yang nyaman,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Rabu (2/8). 

Adanya PSU dalam perumahan, baik komersial maupun bersubsidi, imbuh Iwan merupakan kelengkapan fisik yang mendukung terwujudnya perumahan yang sehat, aman, nyaman dan terjangkau. PSU jaringan jalan lingkungan ini diharapkan dapat melengkapi kebutuhan dasar fisik, yakni tempat tinggal yang layak dan berfungsi dengan baik. 

Baca juga : Perlu Kolaborasi Untuk Tingkatkan Kualitas Literasi Masyarakat

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II, Ir. Hujurat menerangkan, sebanyak 15 perumahan yang mendapat bantuan PSU dari pemerintah pusat ini adalah Perumahan Shalli Messi Manarap, Berkat Pesona Sungai Lulut, Fitria Jaya Residence.

Selain itu, perumahan Villa Mahantas, Anisah Regency, Griya Anisah Permai II, Griya Azzam, Villa Sunny Residence, Green Sunny Estate, Berkat Pesona Karang Taruna II, Rizky Tanjung Regency Tahap II, Bumi Barokah, Batulicin Town House, Buana Mega Residence dan Pondok Bidadari Asri II.

Baca juga : PUPR Targetkan Rumah Jabatan Menteri Di IKN Selesai 2024

Berdasarkan data BP2P Kalimantan II, penyaluran bantuan PSU Tahap I dilaksanakan sejumlah wilayah diantaranya Kota Banjarmasin (152 unit), Kabupaten Banjar (248 unit), Kabupaten Barito Kuala (154 unit), Kabupaten Tanah Laut (68 unit), Kabupaten Tabalong (88 unit), Kabupaten Tanah Bumbu (217 unit), dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (53 unit). 

“Pembangunan Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) umum pada tahap I sebanyak 980 unit pengerjaan telah selesai dibangun dengan nilai anggaran Rp 7,8 miliar menggunakan anggaran APBN tahun anggaran 2023. Dengan selesainya pembangunan PSU Tahap I kami berharap masyarakat bisa lebih nyaman tinggal di rumah bersubsidi,” harapnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.