Dark/Light Mode

Upacara HUT RI Di Lapas Warungkiara, BNPT Gelorakan Semangat Anti Kekerasan

Kamis, 17 Agustus 2023 22:58 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berpartisipasi pada upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia dan Pemberian Remisi Umum 17 Agustus Tahun 2023 Kepada Narapidana dan Anak Pidana di Lapas Kelas II B Warungkiara Kabupaten Sukabumi Provinsi Jabar, pada Kamis (17/8).

Kehadiran BNPT di Lapas Kelas II B Warungkiara merupakan bagian dari upaya menggelorakan semangat nasionalisme dalam menolak ideologi kekerasan yang bertolak belakang dengan nilai-nilai Pancasila.

"Kami hadir di seluruh Indonesia tidak hanya di Sukabumi. BNPT menggelorakan semangat nasionalisme dan toleransi dalam komitmen bersama menolak ideologi kekerasan, radikalisme dan terorisme," ujar Direktur Penegakan Hukum pada Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Brigjen Sigit Widodo. 

Baca juga : Rektor UBK Didik Suhariyanto Dorong Generasi Gen-Z Berjuang Isi Kemerdekaan

Sigit juga berharap, seluruh Warga Binaan Lapas Warungkiara dapat ikut berpartisipasi aktif dengan tegas dan berani melawan munculnya paham anti Pancasila, Anti NKRI, radikalisme, teorisme dan yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa.

"Tegas dan berani untuk melawan munculnya paham anti Pancasila, Anti NKRI, radikalisme, teorisme dan yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa," ingatnya.

Dalam acara itu, Sigit juga menyaksikan secara langsung pemberian Remisi Umum 17 Agustus 2023 kepada 886 narapidana dan anak pidana.

Baca juga : PP Ikastara Bersama Warga Kolong Tol Angke Rayakan Hari Kemerdekaan

Dia juga memberikan tali kasih kepada empat orang narapidana teroris (napiter) dan lima orang eks napiter.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kalapas Kelas IIB Warungkiara Irfan dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Sumantri.

Kemudian, perwakilan dari Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Polres Sukabumi, Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, Pengadilan Negeri Cibadak.

Baca juga : HUT Ke-78 RI, KPK Ajak Masyarakat Gelorakan Semangat Perjuangan Antikorupsi

Lalu, BNNK Sukabumi, MUI Kabupaten Sukabumi, Baznas, Dinas Pendidikan dan Kesehatan Kabupaten Sukabumi serta Camat Warungkiara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.