Dark/Light Mode

Jokowi Bertolak ke Afrika Kunjungi 4 Negara, Ini Tujuannya

Minggu, 20 Agustus 2023 14:25 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi bertolak ke Afrika, Minggu (20/8), guna melakukan kunjungan kerja ke empat negara di kawasan tersebut. Kunjungan ini merupakan lawatan pertama Jokowi ke Afrika sejak dilantik menjadi presiden pada 2014.

“Kami akan berkunjung ke empat negara, yaitu ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan. Ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai presiden ke kawasan Afrika,” ujar Kepala Negara, sebelum keberangkatan, di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, seperti dimuat laman setkab.go.id.

Jokowi menyatakan, Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang. Sebab, Indonesia adalah penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika (KAA) di tahun 1955. Selain itu, Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan Gerakan Nonblok.

Baca juga : Jokowi Terima Pimpinan MPR di Istana Merdeka, Ini yang Dibicarakan

“Spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara The Global South,” ujarnya.

Terkait negara yang akan dikunjungi, Jokowi menyampaikan, Kenya dan Tanzania telah menunjukkan komitmen untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia.

“Kenya dan Tanzania telah membuka kedutaan besarnya di Jakarta tahun lalu. Ini merupakan komitmen kedua negara tersebut untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Jokowi: Beasiswa LPDP Harus Sesuai Visi Negara, Jangan Buang-Buang Anggaran

Sedangkan Mozambik, kata Jokowi, merupakan negara Afrika pertama yang memiliki Preferential Trade Agreement (PTA) dengan Indonesia. Sementara kunjungan ke Afrika Selatan adalah untuk memenuhi undangan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Brazil, Russia, India, China, South Africa (BRICS) 2023.

“Tentunya, di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara yang lainnya,” imbuhnya.

Jokowi dan rombongan dijawdalkan untuk kembali di Tanah Air pada Jumat (25/8). “Insya Allah saya dan rombongan akan tiba kembali di Tanah Air tanggal 25 Agustus,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.