Dark/Light Mode

Ketemu Menhan AS Di Pentagon

Prabowo Kokohkan Pertahanan Negara

Sabtu, 26 Agustus 2023 07:30 WIB
Ketemu Menhan AS Di Pentagon Prabowo Kokohkan Pertahanan Negara

 Sebelumnya 
Prabowo berharap, hubungan baik kedua negara khususnya di bidang pertahanan akan terus berkembang dengan rasa saling menghormati dan percaya untuk kepentingan nasional masing-masing.

Sementara, Lloyd James Austin III mengatakan, AS dan Indonesia memiliki prinsip dasar yang sama. Seperti komitmen untuk menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas dan kemakmuran di kawasan melalui sentralitas ASEAN.

“Indonesia dan AS juga sepakat bekerja sama dengan mitra yang memiliki tujuan sama dan berkomitmen terhadap tatanan yang terbuka, inklusif dan ber­basis aturan,” ucapnya.

Baca juga : Relawan Bintang Garuda: Prabowo Petugas Rakyat

Untuk diketahui, dalam kun­jungannya ke AS, Prabowo telah memborong 24 pesawat jet tempur F-15EX.

Kemudian, Prabowo dipasti­kan juga bakal memboyong 24 Helikopter Black Hawk Tipe GFA melalui PT Dirgantara Indonesia.

Pengamat militer dari Insti­tute for Security and Strategic Studies (ISSES) Khairul Fahmi menilai, langkah Prabowo mem­pererat kembali hubungannya dengan AS cukup tepat.

Baca juga : Borong 24 Helikopter, Prabowo Disambut Menhan AS Di Pentagon

Menurut Fahmi, Prabowo menghadapi tantangan yang be­rat dalam memenuhi kebutuhan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI. Banyak alutsista yang sudah lama usang dan juga tidak siap tempur.

“Namun, berbagai langkah yang dijalankan justru menun­jukkan kegigihannya sebagai Menhan yang bertanggung jawab mengatasi tantangan kapabilitas pertahanan,” ujarnya.

Fahmi menjelaskan, pembe­lian alutsista dari AS membu­tuhkan proses panjang, bahkan melelahkan serta syarat yang beragam.

Baca juga : Puan Amal Hayati Bedah Pro-Kontra Khitan Perempuan

“Dibutuhkan keuletan dan kesabaran ekstra untuk sampai pada kesepahaman komitmen dalam rencana pembelian alut­sista dari AS,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 26/8/2023 dengan judul Ketemu Menhan AS Di Pentagon, Prabowo Kokohkan Pertahanan Negara

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.