Dark/Light Mode

Pertumbuhan Ekonomi 5,17 Persen

Indonesia Bakalan Mampu Berpendapatan Tinggi Lho

Selasa, 29 Agustus 2023 07:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat Rapat Kerja Pelaksana BPK RI Tahun 2023, Jakarta, Senin (28/8/2023). (Foto: Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat Rapat Kerja Pelaksana BPK RI Tahun 2023, Jakarta, Senin (28/8/2023). (Foto: Kemenko Perekonomian)

 Sebelumnya 
Sebab itu, pendekatan pem­bangunan perlu diubah dari reformatif menjadi transfor­matif. Setidaknya mencakup pembangunan infrastruktur baik soft maupun hard, sumber daya manusia, riset, inovasi, reformasi regulasi, tata kelola data dan pengamanannya serta peningkatan investasi dan sum­ber pembiayaan.

Indonesia juga mempunyai berbagai modal untuk mencapai visi tersebut, yaitu sumber daya manusia yang mendekati puncak bonus demografi.

Baca juga : Gus Halim: Pertumbuhan Ekonomi Desa Harus Disampaikan Ke Publik

Modal besar itu bisa diperoleh dalam 13 tahun ke depan dan hanya akan terjadi sekali dalam sebuah peradaban bangsa.

“Oleh karena itu, kita tidak bisa hanya menunggu ataupun kita pasif. Kita harus aktif agar bonus demografi yang 13 tahun ini bisa kita capai,” ungkap Ketua Umum Partai Golkar ini.

Baca juga : 4 Perusahaan Bakal Bangun Sistem Listrik Lintas Negara

Indonesia juga punya modal sumber daya alam yang sangat besar. Di antaranya 125,57 juta hektar Kawasan Hutan, cadangan sumber daya energi mineral, hingga potensi energi terbarukan mencapai 3,716 giga watt (GW).

“Pemerintah juga menggencar­kan pembangunan infrastruktur yang dirancang secara kom­prehensif melalui Program dan Proyek Strategis Nasional di seluruh wilayah Indonesia,” beber Airlangga.

Baca juga : IB Summit 2023 Di Indonesia Hasilkan Rencana Aksi Nyata Bagi UMKM ASEAN

Indonesia juga turut aktif berperan dalam kerja sama inter­nasional. Tahun 2022, Indonesia berhasil menyelenggarakan G20 yang menghasilkan 226 proyek multilateral dan 140 proyek bilateral dan dilanjutkan tahun 2023 dengan Keketuaan ASEAN.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 29/8/2023 dengan judul Pertumbuhan Ekonomi 5,17 Persen, Indonesia Bakalan Mampu Berpendapatan Tinggi Lho

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.