Dark/Light Mode

Banyak Oknum Penegak Hukum Terjerat Narkoba

Jokowi: Berikan Efek Jera!

Selasa, 12 September 2023 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin (kedua kanan) memimpin rapat terbatas terkait penanganan narkoba di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/9/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp)
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin (kedua kanan) memimpin rapat terbatas terkait penanganan narkoba di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/9/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp)

 Sebelumnya 
“Saya ingin mengajak semua mencari lompatan terobosan agar kejahatan luar biasa ini bisa kita kurangi dan bisa diselesaikan dengan baik,” tutur Jokowi.

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta fokus lain yang perlu dibenahi, yakni berkaitan dengan rehabili­tasi pada pelaku narkoba.

Salah satunya, dengan me­nambah lokasi yang menyelenggarakan program rehabili­tasi bagi pecandu narkotika.

Menurutnya, ada beberapa usulan dari sejumlah pihak agar program rehabilitasi bisa di­lakukan juga di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam).

Baca juga : Ratas Di Istana, Jokowi Ungkap Banyak Oknum Penegak Hukum Terlibat Narkoba

Sebab, lokasi tersebut juga memiliki kapasitas kurang lebih hingga 300-500 orang yang dapat membantu mempercepat program rehabilitasi.

Terakhir, Jokowi menekankan agar setiap kementerian/lembaga dapat mendorong upaya pence­gahan. Terutama penyelundupan masuknya narkoba secara taktis dan sistematis.

Jokowi meminta pencega­han penyelundupan narkoba dilakukan fokus pada 5 atau 10 besar provinsi yang tingkat kasus penyalahgunaan narkoba tertinggi.

Kepala BNN Komjen Petrus Reinhard Golose tidak pandang bulu dalam upaya pemberan­tasan narkoba di Indonesia.

Baca juga : 4 Partai Pemerintah Dukung Prabowo, Jokowi: Itu Urusan Partai

Bahkan, penangkapan atas kasus narkotika pun menyasar ke para oknum anggota Polri, TNI hingga hakim.

Dia menegaskan komitmen­nya mengusut siapa pun pihak yang terlibat perkara narkotika termasuk anggotanya sendiri.

“Kita konsekuen ya. Karena, narkotika ini bukan hanya ma­salah di satu institusi, tapi ham­pir semua institusi. Termasuk institusi penegakan hukum,” jelasnya.

Secara teknis, kata Petrus, jika BNN menangkap anggota penegak hukum, maka lem­baga antinarkoba itu langsung melakukan koordinasi dengan atasan pelaku sebagai pihak yang berwenang menghukum.

Baca juga : Bawa Bukti Kuat, Tim Hukum Banteng Laporkan Rocky Soal Jokowi Ke Bareskrim

Terkait pengawasan, BNN sangat ketat memonitor aktivi­tas pemusnahan barang bukti narkoba.

Sesuai Undang-Undang, me­mang dibolehkan penyisihan barang bukti untuk penelitian dan kepentingan penegakan hukum.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 12/9/2023 dengan judul Banyak Oknum Penegak Hukum Terjerat Narkoba, Jokowi: Berikan Efek Jera!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.