Dark/Light Mode

Lawan Radikalisme, BNPT Perkuat Desa Siapsiaga Sukabumi

Rabu, 13 September 2023 19:03 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kembali hadir melakukan penguatan daya tangkal masyarakat terhadap ideologi radikalisme melalui program Desa Siapsiaga, di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi.

BNPT berupaya melakukan penguatan daya tangkal, dengan meningkatkan kewaspadaan masyarakat desa setempat terhadap proses rekrutmen dan pendanaan kelompok terorisme dan radikalisme.

"Dalam melihat tindak pidana terorisme dan kelompok radikal kita harus pahami dan mewaspadai juga proses perekrutan dan pendanaan kelompok radikal," kata Kepala Sub Direktorat Kesiapsiagaan dan Pengendalian Krisis, Direktorat Penindakan Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Kolonel Inf Indra Gunawan yang diwakili Kepala Seksi Kesiapsiagaan, Nurul Huda Syufi Prabowo.

Sementara mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII) Leny Dessy Siregar membeberkan, proses rekrutmen kelompok radikal biasanya menggunakan metode menafsirkan ayat-ayat pada kitab suci, yang telah disesuaikan dengan tujuan terselubung mereka.

Baca juga : Jadi Tuan Rumah PIQI 2023, Pupuk Kaltim Perkuat Daya Saing dan Inovasi

"Mereka menafsirkan isi kitab suci sesuai dengan versi mereka," ungkapnya.

Mantan anggota NII lainnya, Andri Susanto menambahkan, kelompok radikal biasanya mulai menciptakan narasi yang membenturkan ideologi negara dengan agama.

"Lama kelamaan mereka mulai menciptakan narasi seperti Pancasila itu thaghut dan sebagainya," jelasnya.

Kepala Desa Kebonpedes Dadan Apriandani berharap, warganya dapat menjadi siap siaga demi keamanan dan ketertiban Desa Kebonpedes dari ancaman radikalisme dan terorisme.

Baca juga : Lindungi Dari Radikalisme, BNPT Gencarkan Desa Siapsiaga Dan Sekolah Damai

"Mudah-mudahan desa kita diberi keberkahan dan keamanan. Desa kita menjadi pilot project Desa Siapsiaga, kita harus siap siaga dari paparan ideologi kekerasan yang mencoba memecah belah bangsa," tuturnya. 

Desa Siapsiaga adalah program dari BNPT yang bertujuan untuk menciptakan desa yang toleran dan mampu mencegah masuknya ideologi radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.

Desa Kebonpedes merupakan satu dari lima desa di lima provinsi berbeda,.yaitu Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, NTB dan Lampung yang menjadi pilot project program Desa Siapsiaga.

Sebelumnya pada Juli 2023, BNPT secara resmi telah mengukuhkan Desa Pelaminan di Provinsi Banten sebagai Desa Siapsiaga.

Baca juga : Rakor 2023 Perkuat Literasi Keluarga Berbasis Digital

Masyarakat desa Pelamunan sudah dikategorikan tanggap dan siap dalam menghadapi ancaman ideologi radikal terorisme.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.