Dark/Light Mode

Pesan Menteri Nadiem Untuk Mahasiswa

Jangan Cuma Belajar, Asah Kepemimpinan

Selasa, 19 September 2023 07:30 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. (Foto: Dok. Kemendikbudristek)
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. (Foto: Dok. Kemendikbudristek)

 Sebelumnya 
Hal ini juga sejalan dengan pernyataan Presiden Jokowi bahwa pendidikan tinggi berpo­tensi memberikan dampak posi­tif tercepat dalam pembangunan sumber daya manusia unggul.

Perwakilan mahasiswa yang bernama Gladi dari Prodi Bioteknologi UNISA, bertanya cara untuk bisa mengasah ilmu yang didapat di kampus selama masa perkuliahan.

Nadiem pun mengarah­kan Gladi masuk ke platform Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Di sana mahasiswa bisa langsung memilih program yang diminati.

“Namun jika kamu ingin men­coba pembelajaran di luar prodi untuk melengkapi keahlian yang menunjang cita-cita kamu, itu pun bisa. Kamu juga bisa pro­aktif datang ke prodi di kampus mengajukan gagasan program MBKM mandiri, sesuai kondisi kampus,” jawab Nadiem.

Baca juga : Ordik 2023, Universitas Budi Luhur Bekali Mahasiswa Baru Bela Negara di Atas KRI AL

Dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Nadiem menyempatkan diri bersilaturahmi dengan pimpinan Muhammadiyah.

Silaturahmi itu untuk menjalin kolaborasi yang lebih erat, di samping menyampaikan capaian dan terobosan Merdeka Belajar yang didukung Muhammadiyah.

“Alhamdulillah, pendidikan Indonesia semakin maju karena gotong royong berbagai pihak dalam bergerak bersama mewu­judkan Merdeka Belajar. Saya mengapresiasi Bapak Ketua Umum PP Muhammadiyah be­serta jajarannya yang senantiasa peduli dengan kemajuan pendi­dikan Indonesia,” ucap Nadiem.

Pertemuan dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadi­yah Haedar Nashir, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Sekretaris PP Mu­hammadiyah Sayuti dan Ketua Bidang Perguruan Tinggi PP Muhammadiyah, Irwan Akib.

Baca juga : Ratusan Mahasiswa Thailand Antusias Belajar Tari Indonesia Di KBRI Bangkok 

Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Siti Noordjannah menyampaikan selamat datang kepada Mendikbudristek.

Siti juga berharap kerja sama ‘Aisyiyah dengan Kemendik­budristek dapat terus terjalin dengan baik.

“Aisyiyah dengan Pemerintah saat ini hubungannya sangat baik. Kolaborasi ini sudah ter­jalin sejak lama dalam mem­bangun dunia pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Rektor UNISA Warsiti bangga karena UNISA menerima kedatangan Nadiem, yang pada ke­sempatan ini dapat berbagi inspirasi kepada mahasiswa baru di UNISA.

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Serahkan Sertipikat Tanah Seminari Labuan Bajo

“Selamat mengikuti kegiatan. Saya harap dialog bersama Mas Menteri ini bisa menjadi langkah awal bagi mahasiswa memper­siapkan kesuksesan di masa depan,” tuturnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 19/9/2023 dengan judul Pesan Menteri Nadiem Untuk Mahasiswa, Jangan Cuma Belajar, Asah Kepemimpinan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.